Analisa dan Peningkatan Stabilitas Wahana Kendali RKX-200TJ dengan BALLAST

Rahmat Alfi Duhr and Andreas Prasetya Adi (2019) Analisa dan Peningkatan Stabilitas Wahana Kendali RKX-200TJ dengan BALLAST. Prosiding SIPTEKGAN XXIII Tahun 2019 : Seminar Nasional Iptek Penerbangan dan Antariksa XXIII-2019. pp. 93-103.

[img]
Preview
Text
Prosidin_Rahmat_Pustekroket_2019.pdf

Download (682kB) | Preview

Abstract

LAPAN telah mengembangkan wahana kendali berkecepatan tinggi RKX-200TJ berbasis enjin turbo jet sejak 2014. Pengembangan terus dilakukan untuk meningkatkan kinerja wahana, salah satunya adalah dengan memperbesar ruang tangki bahan bakar. Perubahan desain wahana ini sekaligus menggeser posisi enjin turbo jet serta lubang udara ke belakang, sehingga perlu dilakukan analisa ulang stabilitas wahana RKX-200TJ. Makalah ini membahas analisa stabilitas wahana sekaligus upaya tindak lanjutnya. Pertamatama dilakukan pengukuran titik berat (CG) wahana. Dari hasil analisa stabilitas diketahui bahwa titik berat wahana perlu digeser ke depan sekitar 13 cm. Langkah penanganannya adalah dengan menambah dan/atau menggeser pemberat (ballast). Untuk itu telah dilakukan perhitungan dimensi ballast yang optimal dengan memanfaatkan iterasi dari persamaan Center of Mass dari benda titik dengan sedikit modifikasi. Dari hasil perhitungan tersebut, diperoleh bahwa ballast harus ditambah 5kg. Pengujian dilakukan menggunakan wahana dummy yang telah ditambah ballast tersebut, yang didorong menggunakan booster. Hasilnya, wahana berhasil take off dan terbang dengan stabil.

Item Type: Article
Additional Information: ISBN 978-602-6465-24-5
Uncontrolled Keywords: wahana kendali, stabilitas, titik berat, ballast.
Subjects: Teknologi Penerbangan dan Antariksa > Penelitian, Pengembangan, Perekayasaan, dan Pemanfaatan > Teknologi Roket
Divisions: Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Roket
Depositing User: Een Rohaeni
Date Deposited: 08 Feb 2021 03:49
Last Modified: 29 Jul 2021 01:43
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/117

Actions (login required)

View Item View Item