Analisis Respon Dinamik Sayap Pesawat Transport Terhadap Beban Discrete Gust (Analysys Of Dynamic Response Of Transport Aircraft Wings To Discrete Gust Loads)

Ahmad Hasan Fauzi and Muhammad Nanda Setiawan and M. Munadi (2019) Analisis Respon Dinamik Sayap Pesawat Transport Terhadap Beban Discrete Gust (Analysys Of Dynamic Response Of Transport Aircraft Wings To Discrete Gust Loads). Prosiding SIPTEKGAN XXIII Tahun 2019. pp. 22-31. ISSN 978-602-6465-24-5

[img]
Preview
Text
Prosiding_Muhammad_Undip_2019.pdf

Download (530kB) | Preview

Abstract

Disajikan analisis respon dinamik sayap pesawat transport terhadap beban discrete gust guna mendapatkan respon dinamik struktur sayap. Dewasa ini, Pesawat terbang transport telah menjadi salah satu moda transportasi yang paling penting dan kompetitif. Karena alasan kompetitif inilah, pesawat perlu didesain dengan optimal. Salah satu faktor penting yang perlu diperhitungkan dalam mendesain struktur pesawat adalah beban akibat gust atau hembusan angin yang dapat menyebabkan kegagalan struktur karena gust yang kuat atau akibat gust berulang dengan intensitas lebih kecil yang mengakibatkan kegagalan lelah. Dengan alasan gust ini maka perlu dibuat suatu kontrol aktif untuk meredam beban yang diakibatkan oleh gust yang biasa disebut Gust Load Alleviation System (GLAS).Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menyediakan respon dinamik aeroelastik sayap pesawat terbang ketika terpapar suatu gust tertentu yang dapat digunakan mengevaluasi kekuatan struktur sayap dan sebagai referensi untuk mendesain GLAS di masa mendatang. Gust akan dimodelkan sebagai hembusan stasioner dan sinusoidal. Analisis dilakukan dengan memodelkan struktur sayap dengan elemen hingga dan beban aerodinamika dengan metode doublet lattice. Hasil dari analisis ini adalah respon struktur sayap terhadap hembusan gust dalam bentuk perpindahan wingtip dan bending moment pada pangkal sayap.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Element Hingga, Aeroelastik, Dinamik
Subjects: Teknologi Penerbangan > Penguasaan, Pengembangan dan Perekayasaan > Teknologi Aeronautika
Depositing User: Een Rohaeni
Date Deposited: 08 Feb 2021 04:15
Last Modified: 08 Feb 2021 04:15
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/118

Actions (login required)

View Item View Item