Analisa Kinerja Turbin Angin Savonius Tanpa Dan Dengan Penambahan Vertical Stator (Performance Analysis Of Savonius Wind Turbine Without And With Vertical Stator Assembly)

Subagyo and Basir (2019) Analisa Kinerja Turbin Angin Savonius Tanpa Dan Dengan Penambahan Vertical Stator (Performance Analysis Of Savonius Wind Turbine Without And With Vertical Stator Assembly). Prosiding SIPTEKGAN XXIII Tahun 2019. pp. 57-66. ISSN 978-602-6465-24-5

[img]
Preview
Text
Prosiding_Subagyo_LIPI_2019.pdf

Download (562kB) | Preview

Abstract

Hampir semua negara di dunia mempunyai kebutuhan energi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan infrastruktur. Sumber energi seperti minyak bumi, gas alam, cadangan batubara semakin menipis dan suatu hari nanti akan habis. Oleh karena itu dibutuhkan sumber energi baru dan terbarukan seperti energi angin yang secara alami ada di sekitar kita dan terus-menerus ada. Penggunaan kincir angin hingga saat ini di negara berkembang dapat dikatakan masih dalam tahap yang sangat awal dan masih sedikit untuk ditemukan. Oleh karena itu Balai Besar Teknologi Aerodinamika Aeroelastika dan Aeroakustika (BBTA3), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melakukan penelitian turbin angin yang disesuaikan dengan karakteristik dan kondisi angin di negara tropis. Turbin angin dapat digunakan untuk pembangkit listrik dan berbagai keperluan seperti;penerangan, pompa air, dan proses yang berkaitan dengan penggunaan energi mekanik. Turbin angin juga ramah lingkungan sebagai pembangkit listrik, sumber energi baru dan terbarukan. Makalah ini membahas Analisis Kinerja Turbin 6 Blade Savonius angin dengan dan tanpa Vertical Stator Assembly (VSA).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sumber energi, energi terbarukan, turbin angin, analisa kinerja.
Subjects: Teknologi Penerbangan > Penjalaran Teknologi > Aeronautika
Depositing User: Een Rohaeni
Date Deposited: 08 Feb 2021 05:21
Last Modified: 08 Feb 2021 07:00
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/122

Actions (login required)

View Item View Item