Perancangan Alat Kendali Terbang Quadcopter Untuk Modus Terbang Vertical Flight Dan Hovering (Design Of A Quadcopter Fly Control Tool For Fly Module Vertical Flight And Hovering)

Derrian Widjajahakim and Handhika Putra Hwary and Natasia and Ibnu Safari and Muhammad Nanda Setiawan (2019) Perancangan Alat Kendali Terbang Quadcopter Untuk Modus Terbang Vertical Flight Dan Hovering (Design Of A Quadcopter Fly Control Tool For Fly Module Vertical Flight And Hovering). Prosiding SIPTEKGAN XXIII Tahun 2019. pp. 70-79. ISSN 978-602-6465-24-5

[img]
Preview
Text
Prosising_Derrian_UnivSurya_2019.pdf

Download (837kB) | Preview

Abstract

Dewasa ini peran quadcopter atau drone sangatlah penting, dikarenakan berbagai kegunaan seperti merekam dan mengantarkan barang dapat dilakukan menggunakan quadcopter dari jarak jauh. Maka dari itu pembuatan sistem pengendalian quadcopter sangatlah penting untuk dilakukan. Pembuatan alat peraga quadcopter diharapkan dapat memudahkan mahasiswa untuk meningkatkan minat belajar generasi muda dalam mempelajari bidang STEM. Penelitian ini berfokus pada perancangan alat kendali terbang quadcopter untuk modus terbang vertical flight dan hovering. Quadcopter dilengkapi dengan sensor gyroscope untuk menentukan posisi (roll, pitch, yaw) dari quadcopter sehingga memberikan gambaran representatif sikap dari quadcopter. Penelitian ini dilakukan untuk memulai tahap pertama dari pengendalian stabilitas quadcopter. Metode penelitian yang dilakukan terdiri dari 3 tahap, Studi literatur, pembuatan algoritma, dan pengaplikasian algoritma pada quadcopter. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan software Labview, quadcopter dapat diterbangkan dengan metode open loop control.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: quadcopter, kontrol, Vertical flight.
Subjects: Teknologi Penerbangan > Penguasaan, Pengembangan dan Perekayasaan > Teknologi Aeronautika
Depositing User: Een Rohaeni
Date Deposited: 08 Feb 2021 07:42
Last Modified: 08 Feb 2021 09:41
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/123

Actions (login required)

View Item View Item