Analisis Aerodinamika Dan Studi Parameter Sayap CN-235 Kondisi Terbang Jelajah

Nila Husnayati and Mochammad Agoes Moelyadi (2013) Analisis Aerodinamika Dan Studi Parameter Sayap CN-235 Kondisi Terbang Jelajah. Jurnal Teknologi Dirgantara, 11 (2). pp. 127-136. ISSN 1412-8063

[img] Text
Jurnal_Nila_ITB_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kebanyakan pesawat penumpang didesain untuk terbang pada kecepatan subsonik dan beroperasi pada sudut serang rendah hingga moderat. Sayap merupakan komponen utama pesawat sebagai penghasil gaya angkat untuk mengatasi berat pesawat. Selain itu, konfigurasi sayap pesawat berpengaruh pada prestasi aerodinamika pesawat termasuk jarak terbang (range) dan lama terbang (endurance). Beberapa parameter penting sayap yang berpengaruh terhadap prestasi aerodinamika pesawat adalah aspect ratio, taper ratio, sudut twist, sudut dihedral, dan sudut sibak. Dalam penelitian ini, parameter aspect ratio dan taper ratio dikaji pengaruhnya terhadap prestasi aerodinamika sayap pesawat CN 235. Untuk memprediksi karakteristik aerodinamika sayap tersebut, dilakukan pendekatan komputasi menggunakan software Catia (pemodelan) dan ANSYS Fluent (analisis). Pendekatan tersebut menghasilkan geometri, perilaku aliran dan karakteristik aerodinamika sayap dengan menyelesaikan persamaan RANS dengan model turbulen. Hasil numerik memperlihatkan pengaruh perubahan signifikan dari parameter planform sayap yang dikaji pada perilaku aliran dan karakteristik aerodinamika sebagaimana ditampilkan dengan grafik Cl-α, Cd-α, Cm- α, serta grafik drag polar. Hasil numerik dalam penelitian ini divalidasi dengan Abbott [1959].

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Taper ratio, Aspect ratio, Prestasi aerodinamika sayap, Dinamika fluida komputasional
Subjects: Teknologi Penerbangan dan Antariksa > Penelitian, Pengembangan, Perekayasaan, dan Pemanfaatan > Teknologi Aeronautika
Depositing User: Een Rohaeni
Date Deposited: 14 Sep 2021 03:50
Last Modified: 14 Sep 2021 03:50
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/1262

Actions (login required)

View Item View Item