Mode Operasi dan Tracking Menggunakan Aplikasi Remote ACU GUI di Stasiun Bumi Rancabungur

Adi Aufarachman Putra Bambang Dwi and Rumadi (2019) Mode Operasi dan Tracking Menggunakan Aplikasi Remote ACU GUI di Stasiun Bumi Rancabungur. Prosiding SIPTEKGAN XXIII Tahun 2019. pp. 203-223.

[img]
Preview
Text
Prosiding_Adi Aufarachman_Pusteksat_2019.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Peran stasiun bumi adalah untuk mengontrol muatan satelit dan komponen lainnya. Jika tidak ada komunikasi antara satelit dan stasiun bumi, maka kita tidak tahu kondisi satelit. Stasiun bumi terdiri dari subsistem antena dengan sistem tracking, peralatan pengirim dan penerima, sistem pemantauan dan catu daya. Unit Kontrol Antena atau Antenna Control Unit (ACU) merupakan salah satu subsistem dari antena untuk komunikasi satelit. Panel ACU terletak di Unit Kontrol Servo atau Servo Control Unit (SCU) dengan kontrol, troubleshooting, pemeliharaan, dan konfigurasi melalui Remote Graphical User Interface (GUI). Simulasi mode operasi dan tracking menggunakan aplikasi Remote ACU GUI telah dilakukan. Analisis hasil simulasi dapat membantu efektivitas dan efisiensi dalam operasi dan tracking satelit.

Item Type: Article
Additional Information: ISBN 978-602-6465-24-5
Uncontrolled Keywords: stasiun bumi, satelit, antena, ACU, SCU, GUI, tracking.
Subjects: Teknologi Penerbangan dan Antariksa > Perencanaan, Pembangunan dan Pengoperasian > Stasiun Bumi Penendali Satelit
Divisions: Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Satelit
Depositing User: Een Rohaeni
Date Deposited: 08 Feb 2021 08:52
Last Modified: 30 Jul 2021 00:24
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/128

Actions (login required)

View Item View Item