Wind Tunnel Testing Pada Konvensional Flap Dan Morphing Flap Clark Y Airfoil (Wind Tunnel Testing On Conventional Flap And Morphing Flap Clark Y Airfoil)

Rizqur Rahman Dhafin and Nofria Hanafi and Setyo Nugroho (2019) Wind Tunnel Testing Pada Konvensional Flap Dan Morphing Flap Clark Y Airfoil (Wind Tunnel Testing On Conventional Flap And Morphing Flap Clark Y Airfoil). Prosiding SIPTEKGAN XXIII Tahun 2019. pp. 127-136. ISSN 978-602-6465-24-5

[img]
Preview
Text
Prosiding_Rizqur_ PENS_2019.pdf

Download (720kB) | Preview

Abstract

Disajikan wind tunnel testing pada konvensional flap dan morphing flap clark Y airfoil untuk mendapatkan performa serta koefisien aerodinamikanya. Dalam penelitian ini membahas tentang pengujian wind tunnel model specimen uji yaitu potongan sayap morphing flap clark Y airfoil. Tujuannya adalah untuk membuktikan keuntungan dari morphing flap dibandingkan dengan konvensional flap. Kontruksi specimen uji morphing flap terdiri dari foam solid di bagian leading edge dan trailing edge airfoil, Pada bagian elastis terdiri dari ep foam elastis pada bagian lapisan luar dan bagian tengah sebagai tulang terdiri dari lembaran fibgerglass tipis. Pengujian dilakukan pada wind tunnel jenis open loop dengan setting kecepatan angin konstan. Data yang akan dibandingkan antara kedua model specimen uji adalah data nilai koefisien lift terhadap angle of attack. Sehingga diperoleh hasil koefisien lift morphing flap lebih tinggi pada saat defleksi positif atau pitch up, sedangkan pada kondisi defleksi negative atau pitch down morphing flap koefisien lift-nya lebih rendah. Pada kondisi defleksi 0˚ seharusnya nilai koefisien lift berhimpit atau berdekatan, karena tanpa adanya perubahan defleksi pada bentuk airfoil nilai koefisien lift kedua speciment uji perbedaanya tidak jauh.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: morphing flap, clark y airfoil, koefisien lift
Subjects: Teknologi Penerbangan > Penguasaan, Pengembangan dan Perekayasaan > Teknologi Aeronautika
Depositing User: Een Rohaeni
Date Deposited: 09 Feb 2021 08:10
Last Modified: 09 Feb 2021 08:10
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/136

Actions (login required)

View Item View Item