Analisis Potensi Interferensi Frekuensi Radio Pada Antena Positioner (3m) Di Stasiun Bumi Rancabungur (Analysis Of Potential Radio Frequency Interference On Antenna Positioner (3m) In Rancabungur Ground Station)

Rumadi and Dicka Ariptian Rahayu and Nur Salma Yusuf Hasanah and , Zhauhar Rainaldy Ardhana (2019) Analisis Potensi Interferensi Frekuensi Radio Pada Antena Positioner (3m) Di Stasiun Bumi Rancabungur (Analysis Of Potential Radio Frequency Interference On Antenna Positioner (3m) In Rancabungur Ground Station). Prosiding SIPTEKGAN XXIII Tahun 2019. pp. 166-174. ISSN 978-602-6465-24-5

[img]
Preview
Text
Prosiding_Rumadi_Pusteksat_2019.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Fungsi stasiun bumi adalah untuk menerima informasi dari satelit atau mengirimkan informasi kepada satelit. Metode ini merupakan cara yang paling efektif dan andal dalam komunikasi satelit. Fungsi stasiun bumi dapat terganggu karena adanya interferensi frekuensi radio atau Radio Frequency Interference (RFI). Interferensi tersebut dapat dianggap sebagai bentuk noise. Stasiun bumi Rancabungur merupakan salah satu stasiun bumi satelit LAPAN yang dipersiapkan untuk kendali dan akuisisi data satelit. Sinyal frekuensi dengan kekuatan sinyal yang cukup tinggi, sangat berpotensi mengganggu frekuensi sinyal satelit. Oleh karena itu, pengukuran sangat diperlukan untuk mengetahui besar kekuatan sinyal pada frekuensi tertentu pada salah satu antena di stasiun bumi Rancabungur. Dengan menggunakan spectrum analyzer, kita dapat memperoleh kuat sinyal pada pita X, L dan S. Analisis dari hasil pengukuran menunjukan potensi interferensi frekuensi radio di azimuth tertentu pada pita frekuensi yang telah ditentukan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: stasiun bumi, interferensi, frekuensi radio, RFI.
Subjects: Teknologi Penerbangan > Perencanaan, Pembangunan dan Pengoperasian > Stasiun Bumi Penendali Satelit
Divisions: Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Satelit
Depositing User: Een Rohaeni
Date Deposited: 10 Feb 2021 00:46
Last Modified: 10 Feb 2021 06:31
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/142

Actions (login required)

View Item View Item