Komparasi Kemampuan PostgresSQL, MariaDB Dan MongoDB Dalam Memproses Data AIS Satelit Lapan (Comparation Of PostgreSQL, MariaDB And MongoDB Capabilities In Processing LAPAN Satellite AIS Data)

Nurrochman Ferdiansyah and Dicka Ariptian Rahayu and Rizki Permala (2019) Komparasi Kemampuan PostgresSQL, MariaDB Dan MongoDB Dalam Memproses Data AIS Satelit Lapan (Comparation Of PostgreSQL, MariaDB And MongoDB Capabilities In Processing LAPAN Satellite AIS Data). Prosiding SIPTEKGAN XXIII Tahun 2019. pp. 231-238. ISSN 978-602-6465-24-5

[img]
Preview
Text
Prosiding_Nurrochman_Pusteksat_ 2019.pdf

Download (367kB) | Preview

Abstract

Dengan memanfaatkan satelit LAPAN yang membawa payload Automatic Identification System (AIS) untuk melakukan identifikasi terhadap kapal yang melintasi wilayah jangkauan satelit LAPAN, maka setiap harinya bisa didapatkan ratusan ribu data. Setelah data AIS diunduh dari satelit, harus dilakukan proses decoding terlebih dahulu agar data bisa dimanfaatkan. Setelah proses decoding, data AIS akan terbagi menjadi beberapa file. Kemudian data dalam file tersebut disimpan ke dalam database MariaDB. Dalam hal pemrosesan data sangat dipengaruhi juga dengan tipe database yang digunakan yaitu SQL atau NoSQL. Jika tipe database yang digunakan tidak tepat maka pemrosesan data tidak akan efisien, akan memakan banyak waktu dan membutuhkan sumber daya yang lebih banyak. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian untuk memberikan perbandingan database PostgreSQL, MariaDB dan MongoDB dalam hal kinerja. Sehingga diharapkan developer bisa menggunakan tipe database yang sesuai dengan kebutuhan. Penulis membuat aplikasi menggunakan JAVA untuk membandingkan kinerja PostgreSQL, MariaDB dan MongoDB dalam memproses 1.000.000 data AIS. Setelah dilakukan pengujian, MongoDB unggul dalam proses menyisipkan data. Sementara PostgreSQL unggul dalam proses menampilkan dan menyeleksi data.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: AIS, database, MariaDB, MongoDB, PostgreSQL
Subjects: Teknologi Penerbangan > Penguasaan, Pengembangan dan Perekayasaan > Teknologi Satelit
Divisions: Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Satelit
Depositing User: Een Rohaeni
Date Deposited: 11 Feb 2021 00:57
Last Modified: 11 Feb 2021 08:58
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/150

Actions (login required)

View Item View Item