Simulasi Pilot-In-The-Loop Untuk Pesawat Tempur Eksperimental Fxx (Pilot-In-The-Loop Simulation Of The Fxx Experimental Fighter Aircraft)

Hindawan Hariowibowo and Ony Arifianto and Hisar M. Pasaribu and Hari Muhammad (2019) Simulasi Pilot-In-The-Loop Untuk Pesawat Tempur Eksperimental Fxx (Pilot-In-The-Loop Simulation Of The Fxx Experimental Fighter Aircraft). Prosiding SIPTEKGAN XXIII Tahun 2019. pp. 273-285. ISSN 978-602-6465-24-5

[img]
Preview
Text
Prosiding_Hindawan _ITB_ 2019.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam pengembangan pesawat tempur modern, aspek kualitas pengendalian merupakan salah satu aspek yang penting. Dengan mengetahui karakteristik kualitas pengendaliannya sedini mungkin, saat pesawat tempur memasuki tahap uji terbang, diharapkan pesawat tempur tersebut dapat memenuhi persyaratan uji terbang dan persyaratan operasionalnya dengan baik dan cepat. Pada penelitian ini, simulasi dinamika terbang dengan melibatkan pilot-in-the-loop (closed loop handling quality / CLHQ) dilakukan dalam tahap pengembangan pesawat eksperimental FXX. Pemodelan simulasi dinamik dibuat dengan lingkar tertutup pada pesawat FXX. Model matematika pesawat FXX diambil dari pekerjaan sebelumnya. Sistem penambah kestabilan dan sistem pembantu pengendalian ditambahkan untuk mendekati operasi pesawat tempur pada umumnya. Pada lingkar paling luar pemodelan ditambahkan model matematika pilot sebagai pengendali. Hasil simulasi CLHQ dilakukan untuk memeriksa efek sensitifitas dari perubahan nilai parameter pada elemen-elemen pemodelannya. Diharapkan hasil simulasi dapat dipergunakan untuk penelitian lebih lanjut dalam aspek kualitas pengendalian yang melibatkan pilot-in-the-loop, termasuk kajian PIO (Pilot Induced Oscillation) pesawat FXX. Hasil yang ingin dicapai pada makalah ini adalah memperoleh kinerja kualitas pengendalian pada pemodelan dinamika terbang pesawat FXX menggunakan pilot model.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Simulation, Handling Quality, Pilot Model, Pilot-In-The-Loop
Subjects: Teknologi Penerbangan > Penguasaan, Pengembangan dan Perekayasaan > Teknologi Aeronautika
Depositing User: Een Rohaeni
Date Deposited: 11 Feb 2021 02:18
Last Modified: 11 Feb 2021 02:18
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/153

Actions (login required)

View Item View Item