Analisis Elevasi Satelit Pada Misi Voice Repeater Yang Menggunakan Radio Genggam (Analysis Of Satellite Elevation In Voice Repeater Mission Using Handheld Radio)

Isma Choiriyah and Nurul Fadilah (2019) Analisis Elevasi Satelit Pada Misi Voice Repeater Yang Menggunakan Radio Genggam (Analysis Of Satellite Elevation In Voice Repeater Mission Using Handheld Radio). Prosiding SIPTEKGAN XXIII Tahun 2019. pp. 139-247. ISSN 978-602-6465-24-5

[img]
Preview
Text
Prosiding_Isma Choiriyah_Pusteksat_2019.pdf

Download (329kB) | Preview

Abstract

Salah satu satelit yang telah diluncurkan oleh Pusat Teknologi Satelit – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) yaitu Satelit LAPAN-A2/ORARI memiliki misi Voice Repeater (VR). Pada misi VR, satelit berperan sebagai pemancar ulang komunikasi suara yang dikirim oleh stasiun radio yang ada di bumi. VR menggunakan frekuensi 145.880 MHz untuk uplink dan frekuensi 435.880 MHz untuk downlink. Selain menggunakan radio, VR juga dapat memanfaatkan radio genggam (HT) sebagai stasiun radio. Makalah ini akan membahas analisis sudut elevasi satelit pada misi VR dengan menggunakan radio genggam berdasarkan spesifikasi VR pada satelit LAPANA2/ORARI. Tujuan dari penelitian ini adalah agar dapat mengetahui nilai sudut elevasi optimum yang dapat digunakan radio genggam untuk misi VR. Metode yang digunakan dalam makalah ini diawali dengan penentuan spesifikasi radio genggam dan transceiver pada satelit, perancangan sistem, perhitungan kebutuhan link komunikasi dengan variasi nilai sudut elevasi satelit yang digunakan oleh radio genggam lalu hasil dan analisis. Hasil perhitungan dan analisis menunjukkan bahwa pada misi VR radio genggam dapat beroperasi secara optimum pada sudut elevasi satelit dari 15º hingga 35º. Diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat digunakan sebagai rekomendasi pengembangan misi VR pada satelit selanjutnya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: VR, radio genggam, elevasi satelit
Subjects: Teknologi Penerbangan > Penguasaan, Pengembangan dan Perekayasaan > Teknologi Satelit
Divisions: Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Satelit
Depositing User: Een Rohaeni
Date Deposited: 11 Feb 2021 02:26
Last Modified: 11 Feb 2021 15:41
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/154

Actions (login required)

View Item View Item