Analisa Konektifitas Ditinjau Dari Kecepatan Data Rate Pada Jaringan Komunikasi (Analysis Ofconnection Reviewed From The Speed Of Data Rate On Vsat Ip Satellite Communication Network)

Novelita Rahayu and Yanuar Firmansyah and Yanuar Prabowo and Iwan Nofi Yono Putro (2019) Analisa Konektifitas Ditinjau Dari Kecepatan Data Rate Pada Jaringan Komunikasi (Analysis Ofconnection Reviewed From The Speed Of Data Rate On Vsat Ip Satellite Communication Network). Prosiding SIPTEKGAN XXIII Tahun 2019. pp. 256-262. ISSN 978-602-6465-24-5

[img]
Preview
Text
Prosiding_Novita_Pustekbang_2019.pdf

Download (524kB) | Preview

Abstract

Sistem komunikasi satelit merupakan salah satu sistem komunikasi yang memberikan cakupan ruang komunikasi yang luas. Pengembangan berbasis sistem komunikasi satelit ini telah banyak dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan kemajuan teknologi pada masa kini. Salah satu sistem komunikasi yang sudah ada yaitu jaringan komunikasi satelit berbasis VSAT IP, dimana VSAT IP menggunakan IP sebagai protocol komunikasi. Adapun kehandalan dari VSAT IP yang akan penulis bahas dalam karya ilmiah ini yaitu kehandalannya ditinjau dari data rate. Penulis melakukan analisa kecepatan data rate terhadap koneksi antara jaringan komunikasi satelit dan juga terhadap GCS dengan menggunakan VNSTAT. Analisa ini ditujukan untuk mengetahui performa dan kehandalan dari jaringan komunikasi satelit VSAT IP yang menunjang komunikasi long range UAV. VNSTAT merupakan sebuah software network traffic monitor yang digunakan untuk menyimpan dan mengetahui log traffic dari network yang dituju. Pada penelitian ini, penulis berfokus kepada besar kecepatan transmit dan receive data yang dapat diperoleh menggunakan variasi konfigurasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: VSAT, IP, GCS, Network Traffic Monitor, UAV, Komunikasi Long Range.
Subjects: Teknologi Penerbangan > Penguasaan, Pengembangan dan Perekayasaan > Teknologi Satelit
Divisions: Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Penerbangan
Depositing User: Een Rohaeni
Date Deposited: 11 Feb 2021 02:56
Last Modified: 11 Feb 2021 15:46
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/155

Actions (login required)

View Item View Item