Sistem Stasiun Bumi Pemancar Dan Penerima Data APRS Pada Satelit LAPAN-A2

Rifki Ardinal and Sonny Dwi Harsono (2019) Sistem Stasiun Bumi Pemancar Dan Penerima Data APRS Pada Satelit LAPAN-A2. In: UNSPECIFIED Indonesia Book Project/ Media Kita Group anggota IKAPI, pp. 11-16.

[img]
Preview
Text
Bunga Rampai_Rifki_Pusteksat_2018.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Satelit LAPAN-A2 merupakan satelit kedua LAPAN yang dirancang untuk mendukung mitigasi bencana. Salah satu muatan terkait adalah APRS (Automatic Packet Reporting System) yang menjadi salah satu standar komunikasi radio amatir (ORARI). Dalam makalah ini telah dipaparkan mengenai Sistem Stasiun Bumi yang digunakan untuk penerimaan dan pengiriman sinyal APRS melalui satelit LAPAN A2. Paparan meliputi konfigurasi hardware dan software, cara pengoperasian dan hasil percobaan akuisisi data. Dari sistem ini kita dapat mengetahui apakah pesan yang dipancarkan oleh stasiun bumi dapat diterima oleh stasiun bumi lain serta dapat menerima dengan baik pesan yang berasal dari satelit atau dari stasiun bumi APRS yang lain.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: stasiun bumi, APRS, pengoperasian
Subjects: Teknologi Penerbangan dan Antariksa > Perencanaan, Pembangunan dan Pengoperasian > Stasiun Bumi Penendali Satelit
Divisions: Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Satelit
Depositing User: Een Rohaeni
Date Deposited: 11 Feb 2021 06:46
Last Modified: 18 Aug 2021 05:19
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/158

Actions (login required)

View Item View Item