Komunikasi Voice Repeater Satelit LAPAN-A2/LAPAN ORARI Untuk Mitigasi Bencana Alam (Communication Voice Repeater Of LAPAN-A2/LAPAN-ORARI Satellite For Natural Disaster Mitigation)

Sonny Dwi Harsono and , Rifki Ardinal (2019) Komunikasi Voice Repeater Satelit LAPAN-A2/LAPAN ORARI Untuk Mitigasi Bencana Alam (Communication Voice Repeater Of LAPAN-A2/LAPAN-ORARI Satellite For Natural Disaster Mitigation). Bunga Rampai Iptek Penerbangan dan Antariksa: Progres Litbangyasa Roket, Satelit, dan Penerbangan 2018. pp. 17-26. ISSN 978-623-7102-02-1

[img]
Preview
Text
Bunga Rampai_Sonny_Pusteksat_2018.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Satelit LAPAN-A2/LAPAN-ORARI diluncurkan 28 September 2015, di India jam 11.30 WIB. Roket peluncur yang dioperasikan Organisasi Riset Antariksa India (ISRO) tersebut membawa muatan tujuh satelit, termasuk satelit LAPAN-A2/LAPAN-ORARI. Satelit ini membawa muatan utamanya yaitu Digital Space Camera, Analog Video Camera, AIS (Automatic Identifications Sistem), APRS dan VR (Voice Repeater), dengan muatan yang dibawanya tersebut maka misi utama dari Satelit LAPAN-A2/LAPAN-ORARI ini antara lain untuk misi surveillance (pengamatan), pemantauan kapal laut dan komunikasi amatir, komunikasi amatir ini terdapat 2 muatan yaitu APRS dan VR, Voice Repeater inilah yang menjadi pokok bahasan di dalam karya tulis ilmiah ini. Dengan ketinggian sekitar 640 Km di atas permukaan laut dan sudut inklinasi 6 derajat pada orbit ekuator, maka satelit LAPAN-A2/LAPAN-ORARI akan mengorbit dari wilayah barat bagian Indonesia sampai ke wilayah timur sebanyak 14 kali dalam sehari, kondisi ini sangat cocok untuk komunikasi (mitigasi bencana) karena frekuensi yang sering dilalui dan wilayah seluruh Indonesia yang tercakup dari Sabang sampai Merauke.Untuk dapat mengakusisi data komunikasi VR (Voice Repeater) ini maka diperlukan rancang bangun alat dan bahan yang akan digunakan di dalam penelitian ini, seperti penggunaan dual band frekuensi radio untuk uplink dan downlink, penggunaan antena UHF dan VHF sampai ke konfigurasi pengaturan tone untuk masuk ke repeater tsb.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: LAPAN-A2/LAPAN-ORARI, Voice Repeater, Frekuensi
Subjects: Teknologi Penerbangan > Penguasaan, Pengembangan dan Perekayasaan > Teknologi Satelit
Divisions: Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Satelit
Depositing User: Een Rohaeni
Date Deposited: 11 Feb 2021 07:00
Last Modified: 11 Feb 2021 07:00
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/159

Actions (login required)

View Item View Item