Optimalisasi Dimensi Reflektor Untuk Meningkatkan Penguatan Antena Heliks

Iwan Faizal and Irwan Priyanto and Suhata (2019) Optimalisasi Dimensi Reflektor Untuk Meningkatkan Penguatan Antena Heliks. In: UNSPECIFIED Indonesia Book Project/ Media Kita Group anggota IKAPI, pp. 68-73.

[img]
Preview
Text
Bunga Rampai_Iwan Faizal_Pusteksat_2018.pdf

Download (582kB) | Preview

Abstract

Antena heliks adalah salah satu antena yang memiliki penguatan cukup besar, dan memiliki pola radiasi terarah dengan lebar pita 1.78: 1 dan mendekati antena siaran (≥ 2). Antena ini telah banyak diaplikasikan untuk sistem komunikasi satelit dan sistem komunikasi bergerak. Dalam makalah ini akan dilakukan investigasi terhadap desain antena heliks dengan tiga reflektor yang berbeda pada frekuensi 1,8 GHz. Metode penelitian yang digunakan adalah menganalisis ketiga antena tersebut dengan mengubah-ubah bentuk reflektornya menggunakan Metode Momen, sehingga didapatkan penguatan antena heliks terbesar. Dari hasil penelitian, penguatan antena heliks dengan reflektor persegi adalah 13,8 dBi, penguatan antena heliks dengan reflektor cangkir silinder adalah 15,3 dBi, dan penguatan antena heliks dengan reflektor kerucut terpotong adalah 17 dBi. Dengan mengoptimalkan ke tiga dimensi reflektor dapat meningkatkan penguatan antena heliks sekitar 1,5 hingga 1,7 dBi.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Heliks, penguatan, persegi, cangkir silinder, kerucut terpotong
Subjects: Teknologi Penerbangan dan Antariksa > Penelitian, Pengembangan, Perekayasaan, dan Pemanfaatan > Teknologi Satelit
Divisions: Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Satelit
Depositing User: Een Rohaeni
Date Deposited: 15 Feb 2021 04:27
Last Modified: 18 Aug 2021 05:20
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/166

Actions (login required)

View Item View Item