Analisa Aerodinamika Pesawat Nirawak Konfigurasi Ekor Vertikal Inverted V DAN U Dengan Simulasi CFD (Aerodynamic Analysis Of Unmanned Aircraft Inverted V AND U - Shapped Vertical Tail Configuration Using CFD Simulation)

Arifin Rasyadi Soemaryanto and Dana Herdiana (2019) Analisa Aerodinamika Pesawat Nirawak Konfigurasi Ekor Vertikal Inverted V DAN U Dengan Simulasi CFD (Aerodynamic Analysis Of Unmanned Aircraft Inverted V AND U - Shapped Vertical Tail Configuration Using CFD Simulation). Bunga Rampai Iptek Penerbangan dan Antariksa: Progres Litbangyasa Roket, Satelit, dan Penerbangan 2018. pp. 74-81. ISSN 978-623-7102-02-1

[img]
Preview
Text
Bunga Rampai_Arifin_Pustekbang_2018.pdf

Download (637kB) | Preview

Abstract

Karakteristik aerodinamika adalah salah satu aspek yang dipertimbangkan dalam proses pemilihan konfigurasi dari perancangan pesawat nirawak. Karakteristik ini merupakan salah satu parameter yang dapat menentukan prestasi terbang dari pesawat dan juga untuk pemilihan mesin pesawat. Karakteristik ini dapat dapat direpresentasikan dalam bentuk kurva drag polar dan kurva efisiensi aerodinamika. Kurva tersebut dapat dihasilkan dari analisa gaya/momen aerodinamika dengan beberapa metode tertentu, salah satunya dengan metode simulasi Computational Fluid Dynamics menggunakan perangkat lunak ANSYS CFD. Metode ini menggunakan model aliran udara dengan berdasarkan persamaan Navier-Stokes dan simulasi dengan grid 3 dimensi. Pesawat LSU-02 Series merupakan pesawat nirawak yang digunakan sebagai objek simulasi. Pesawat ini memiliki dua konfigurasi ekor vertikal yang berbeda, yaitu berbentuk huruf V dan huruf U terbalik. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengetahui karakteristik aerodinamika berupa kurva drag polar, kurva efisiensi aerodinamika dan kontur aliran dari simulasi CFD, untuk kedua konfigurasi tersebut lalu membandingkannya satu sama lain. Dari perbandingan antara kurva drag polar dan efisiensi aerodinamika, kedua konfigurasi ekor menunjukan tren yang seragam. Ada perbedaan pada kontur aliran turbulen yang dihasilkan oleh ekor vertikal dengan bentuk huruf U terbalik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: karakteristik aerodinamika, drag polar, efisiensi aerodinamika, CFD
Subjects: Teknologi Penerbangan > Penguasaan, Pengembangan dan Perekayasaan > Teknologi Aeronautika
Divisions: Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Penerbangan
Depositing User: Een Rohaeni
Date Deposited: 15 Feb 2021 04:43
Last Modified: 15 Feb 2021 04:43
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/167

Actions (login required)

View Item View Item