Analisis Tegangan Struktur Engine Mount Pesawat Turboprop Berpenumpang 19 Orang Dengan Pendekatan 1D DAN 2D Menggunakan MSC PATRAN/NASTRAN (Stress Analysis Of Engine Mount Structures For 19- Seater Turboprop Aircraft In 1D AND 2D Approach Using MSC PATRAN/NASTRAN)

Putri Nur Halimah and Aditya Prayoga and Muhammad Luqmanul Hakim (2019) Analisis Tegangan Struktur Engine Mount Pesawat Turboprop Berpenumpang 19 Orang Dengan Pendekatan 1D DAN 2D Menggunakan MSC PATRAN/NASTRAN (Stress Analysis Of Engine Mount Structures For 19- Seater Turboprop Aircraft In 1D AND 2D Approach Using MSC PATRAN/NASTRAN). Bunga Rampai Iptek Penerbangan dan Antariksa: Progres Litbangyasa Roket, Satelit, dan Penerbangan 2018. pp. 106-115. ISSN 978-623-7102-02-1

[img]
Preview
Text
Bunga Rampai_Putri_ITB_2018.pdf

Download (806kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul “Analisis Tegangan Struktur Engine Mount Pesawat Turboprop Berpenumpang 19 Orang dengan Pendekatan 1D dan 2D Menggunakan PATRAN/NASTRAN” ini berisi tentang analisis dari tegangan yang terjadi pada struktur engine mount ketika diberi beberapa kasus pembebanan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh vitalnya peran engine pada pesawat sehingga struktur yang membawa engine tersebut tidak boleh gagal dengan alasan apapun. Oleh karena itu, tegangan dan kekuatan strukturnya perlu dianalisis lebih dalam. Parameter yang digunakan untuk menentukan kekuatan strukturnya adalah dengan margin of safety, yaitu parameter yang membandingkan nilai tegangan maksimal yang diperbolehkan dengan tegangan maksimal yang terjadi. Metode yang digunakan adalah metode numerik dengan perangkat lunak MSC PATRAN/NASTRAN. Hasil yang didapat berupa adanya kegagalan pada struktur yang dianalisis pada beberapa kasus yang dianalisis. Hal ini disebabkan oleh adanya ketidaksempurnaan geometri pada struktur sehingga ketika diberi beban eksternal, terjadi konsentrasi tegangan di sekitar geometri yang tidak sempurna tersebut, seperti lubang dan sambungan las, yang kemudian menyebabkan struktur gagal. Beberapa pilihan yang bisa dilakukan untuk menurunkan konsentrasi tegangan yang terjadi adalah dengan mengganti material atau mempertebal struktur sekitar lokasi kritis.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: tegangan maksimum, engine mount, beban eksternal, metode numerik, margin of safety.
Subjects: Teknologi Penerbangan > Penguasaan, Pengembangan dan Perekayasaan > Teknologi Aeronautika
Depositing User: Een Rohaeni
Date Deposited: 15 Feb 2021 07:09
Last Modified: 15 Feb 2021 07:09
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/171

Actions (login required)

View Item View Item