Analisa Faktor Intensitas Tegangan Pelat Datar Dengan Model Retak Tepi Dan Retak Tengah (Stress Intensity Factor Analysis On A Flat Plate With Edge And Center Crack Model)

Abian Nurrohmad (2019) Analisa Faktor Intensitas Tegangan Pelat Datar Dengan Model Retak Tepi Dan Retak Tengah (Stress Intensity Factor Analysis On A Flat Plate With Edge And Center Crack Model). Bunga Rampai Iptek Penerbangan dan Antariksa: Progres Litbangyasa Roket, Satelit, dan Penerbangan 2018. pp. 116-124. ISSN 978-623-7102-02-1

[img]
Preview
Text
Bunga Rampai_Abian_Pustekbang_2018.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor yang membahayakan operasi pesawat udara adalah adanya retakan. Selain bisa merambat, retakan juga menyebabkan berkurangnya kekuatan struktur karena adanya distribusi tegangan di sekitar ujung retak. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perhitungan faktor intensitas tegangan pada pelat datar dengan retakan di tepi pelat dan di tengah pelat. Geometri dan panjang retak ditentukan di awal. Beban yang diberikan terdistribusi sebesar 1 MPa. Material yang digunakan adalah alumunium seri 2024-T3 yang biasa digunakan di pesawat terbang. Simulasi numerik dengan metode elemen hingga menggunakan software Abaqus telah berhasil dilakukan. Hasil perhitungan numerik selanjutnya dibandingkan dengan perhitungan analitik. Perbedaan hasil antara numerik dan analitik yang dibawah 5% menunjukkan metode perhitungan numerik yang digunakan dapat diterima. Kata kunci: mekanika retak, faktor intensitas tegangan, metode elemen hingga.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: mekanika retak, faktor intensitas tegangan, metode elemen hingga.
Subjects: Teknologi Penerbangan > Penguasaan, Pengembangan dan Perekayasaan > Teknologi Aeronautika
Divisions: Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Penerbangan
Depositing User: Een Rohaeni
Date Deposited: 15 Feb 2021 07:50
Last Modified: 15 Feb 2021 07:50
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/172

Actions (login required)

View Item View Item