Simulasi Kendali Sikap Pesawat LSU-02 Dengan Metode Hardware-In-The-Loop Simulation (Attitude Control Simulations Of LSU-02 Aircraft With Hardware-In-The-Loop Simulation Methode)

Agus Wiyono and Idza Rahmana Zulkarnain (2019) Simulasi Kendali Sikap Pesawat LSU-02 Dengan Metode Hardware-In-The-Loop Simulation (Attitude Control Simulations Of LSU-02 Aircraft With Hardware-In-The-Loop Simulation Methode). Bunga Rampai Iptek Penerbangan dan Antariksa: Progres Litbangyasa Roket, Satelit, dan Penerbangan 2018. pp. 138-148. ISSN 978-623-7102-02-1

[img]
Preview
Text
Bunga Rampai_Agus Wiyono_Pustekbang_2018.pdf

Download (677kB) | Preview

Abstract

Pengembangan sistem kendali sikap LSU-02 telah dilakukan dengan metode Hardware In-the Loop Simulation (HILS). Sistem kendali yang digunakan pada LSU-02 yaitu autopilot Pixhawk yang dapat difungsikan secara HILS. Pada HILS, autopilot Pixhawk mengendalikan sikap LSU-02 dengan menerima data sikap pesawat dari data simulasi X-Plane secara langsung sehingga sensor IMU tidak di pakai. Oleh karena itu dilakukan desain dan simulasi untuk kendali sikap LSU 02 dengan HILS dengan menambahkan gimbal riil. Pengujian dilakukan dengan tuning PID untuk gerak roll dan pitch dan membandingkan respon gerak pesawat LSU-02 dengan metode HILS dengan gimbal dan tanpa gimbal. Hasilnya didapatkan bahwa dengan gimbal riil sensor IMU autopilot Pixhawk berfungsi langsung sebagai umpan balik kendali dan menghasilkan overshoot yang lebih besar dari pada tanpa gimbal karena adanya tundaan (delay) respon gerak gimbal terhadap gerak di simulasi X-plane. HILS dengan gimbal riil dapat digunakan untuk pengujian sistem kendali sikap autopilot secara langsung sekaligus dengan sensornya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: LSU-02, HILS, Pixhawk, Gimbal.
Subjects: Teknologi Penerbangan > Penguasaan, Pengembangan dan Perekayasaan > Teknologi Aeronautika
Divisions: Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Penerbangan
Depositing User: Een Rohaeni
Date Deposited: 15 Feb 2021 08:33
Last Modified: 15 Feb 2021 08:33
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/175

Actions (login required)

View Item View Item