Perancangan Antena Cetak Log Periodic Dipole Array Untuk Frekuensi S-Band

Haryo Dwi Prananto and Priyo Wibowo (2019) Perancangan Antena Cetak Log Periodic Dipole Array Untuk Frekuensi S-Band. In: UNSPECIFIED Indonesia Book Project/ Media Kita Group anggota IKAPI, pp. 172-190.

[img]
Preview
Text
Bunga Rampai_Haryo Dwi_LIPI_2018.pdf

Download (458kB) | Preview

Abstract

Didasarkan atas antena-antena yang telah dibuat di frekuensi S Band khususnya di frekuensi komunikasi satelit, nirkabel, dan radar serta belum ada antena LPDA cetak yang telah dibuat dan diukur performanya di frekuensi- frekuensi tersebut maka pada penelitian ini dibuat antena LPDA cetak yang bekerja di frekuensi tersebut. Nilai frekuensi tersebut adalah 2.22 dan 2.25 GHz untuk frekuensi komunikasi satelit, 2.4 GHz untuk komunikasi nirkabel, dan 2.9 – 3.1 GHz untuk komunikasi radar. Antena LPDA cetak dibuat dengan nilai τ = 0.9 dan σ = 0.12. Pengukuran S parameter untuk return loss menggunakan Vector Network Analyzer. Pola radiasi diukur di 3 m semi anechoic chamber. Hasil pengukuran S11 untuk komunikasi satelit dan komunikasi nirkabel cukup baik yaitu di bawah – 9.54. Sedangkan untuk frekuensi radar, nilai S11 yang baik ada pada frekuensi 2.9 GHz. Pola radiasi yang dihasilkan pada setiap frekuensi memiliki pola radiasi direksional. Oleh karena itu, antena ini dapat digunakan di komunikasi satelit karena memiliki ciri khas pola radiasi direksional dan frekuensi kerja yang sama dengan antena-antena yang khusus digunakan untuk komunikasi satelit.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: LPDA cetak, S Band, komunikasi satelit.
Subjects: Teknologi Penerbangan dan Antariksa > Penelitian, Pengembangan, Perekayasaan, dan Pemanfaatan > Teknologi Satelit
Depositing User: Een Rohaeni
Date Deposited: 16 Feb 2021 01:14
Last Modified: 18 Aug 2021 05:24
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/178

Actions (login required)

View Item View Item