Simulasi Pengaruh Statik Marjin Pada Arah Memutar Trayektori Roket (Simulation Of Static Margin Effect To Directional Rocket Trajectory)

Larasmoyo Nugroho and Setiadi (2019) Simulasi Pengaruh Statik Marjin Pada Arah Memutar Trayektori Roket (Simulation Of Static Margin Effect To Directional Rocket Trajectory). Bunga Rampai Iptek Penerbangan dan Antariksa: Progres Litbangyasa Roket, Satelit, dan Penerbangan 2018. pp. 191-199. ISSN 978-623-7102-02-1

[img]
Preview
Text
Bunga Rampai_Larasmoyo_Pustekroket_2018.pdf

Download (448kB) | Preview

Abstract

Paper ini mempelajari hubungan antara static margin, directional stability dan strategi belok menggunakan bank-to-turn yang diaplikasikan pada roket kendali, dalam hal ini rudal. Simulasi difokuskan kepada fase terbang wahana rudal MY-ROCK 122 yang melakukan manuver belok tajam secara horizontal. Dari riset ini, roket yang terkendali mengalami peningkatan jarak jangkau longitudinal secara signifikan, meski penambahan jarak terbang akan direpresentasikan dalam bentuk gerakan memutar. Radius putar minimum digunakan sebagai parameter untuk melihat kualitas prestasi terbang dari rudal. Dalam riset ini ditemukan bahwa radius putar minimum dapat diraih jika kita menggunakan rentang static margin yang sempit, dan selanjutnya rentang ini dapat memberikan jarak yang maksimum juga di sumbu longitudinal. Penempatan titik pusat gravitasi menjadi fase paling fundamental untuk menghasilkan desain rudal yang sukses dari segi aerodinamika dan dari segi controllability.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: static margin, directional stability, strategi belok bank-to-turn, manuver belok tajam
Subjects: Teknologi Penerbangan > Penguasaan, Pengembangan dan Perekayasaan > Teknologi Roket
Divisions: Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Roket
Depositing User: Een Rohaeni
Date Deposited: 16 Feb 2021 01:37
Last Modified: 16 Feb 2021 01:37
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/182

Actions (login required)

View Item View Item