Karakteristik Struktur Muatan Roket RX 320 LAPAN Akibat Pengaruh Getaran (Payload Compartement Characteristics Of Rocket RX 320 Due To Vibration)

Agus Budi Djatmiko and Haryadi Abrizal (2019) Karakteristik Struktur Muatan Roket RX 320 LAPAN Akibat Pengaruh Getaran (Payload Compartement Characteristics Of Rocket RX 320 Due To Vibration). Bunga Rampai Iptek Penerbangan dan Antariksa: Progres Litbangyasa Roket, Satelit, dan Penerbangan 2018. pp. 200-208. ISSN 978-623-7102-02-1

[img]
Preview
Text
Bunga Rampai_Agus Budi_Pustekroket_2018.pdf

Download (265kB) | Preview

Abstract

Akibat gaya dorong yang diberikan pada roket selama penerbangan, struktur muatan roket akan mengalami getaran gaya paksa. Untuk masalah getaran, salah satu perhatian utama adalah bila getaran paksa memiliki frekuensi yang sama dengan frekuensi natural benda yang dikaji. Dalam situasi ini, respon obyek bisa menjadi ekstrem (biasanya melalui perpindahan fisik), dan kerusakan dapat terjadi ke objek. Setiap benda yang mempunyai massa dan elastisitas mempunyai potensi untuk bergetar. Oleh karena itu setiap struktur rekayasa, seperti halnya pada struktur muatan roket yang mempunyai massa dan elastisitas, maka struktur tersebut mempunyai potensi untuk menimbulkan getaran. Penelitian ini berusaha menentukan besar frekuensi natural dari struktur muatan roket untuk dibandingkan besarnya dengan frekuensi getaran paksa yang dialami saat proses peluncuran roket. Dalam penelitian ini digunakan bahan struktur muatan dari alumunium 2024 T3 dengan densitas 2770 kg/m3 dan modulus elastisitas E = 70e9 N/m2. Metodologi yang digunakan yaitu melakukan studi lengkap terhadap persamaan gerakan sistem yang ditinjau. Mula-mula sistem diidealisasi dan disederhanakan dengan terminologi massa dan pegas yang berturut turut menyatakan benda dan elastisitas. Kemudian persamaan gerakan menyatakan sebagai fungsi waktu atau akan memberikan jarak kedudukan massa sesaat selama gerakannya dan kedudukan keseimbangannya. Hasil penelitian terhadap frekuensi struktur muatan roket RX 320 LAPAN dengan FE yang bekerja pada pada roket akibat gaya dorong menurut AKPV Engineering University of Wyoming sebesar f = 5 s/d 2000 Hz, didapat besarnya FE natural arah melintang adalah fn,transv = 362294 Hz atau = = 0,0055 n n ω ω f f dan FE natural arah axial adalah fn,axial = 486484 Hz atau = 0,0041 n ω ω , maka struktur muatan roket sangat aman terhadap gangguan gaya paksa karena FE natural struktur muatan lebih besar dari FE kerja roket dan bekerja pada daerah rasio frekuensi < 0,3 n ω ω .

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: struktur muatan roket, frekuensi kerja, FE natural
Subjects: Teknologi Penerbangan > Penguasaan, Pengembangan dan Perekayasaan > Teknologi Roket
Divisions: Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Roket
Depositing User: Een Rohaeni
Date Deposited: 16 Feb 2021 01:59
Last Modified: 16 Feb 2021 01:59
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/183

Actions (login required)

View Item View Item