Pengembangan Data Akuisisi MPPT Untuk Pesawat Tanpa Awak Bertenaga Surya (Development Of MPPT Data Acquisition For Solar Powered UAV)

Adi Wirawan and Dewi Anggraeni (2019) Pengembangan Data Akuisisi MPPT Untuk Pesawat Tanpa Awak Bertenaga Surya (Development Of MPPT Data Acquisition For Solar Powered UAV). Bunga Rampai Iptek Penerbangan dan Antariksa: Progres Litbangyasa Roket, Satelit, dan Penerbangan 2018. pp. 209-221. ISSN 978-623-7102-02-1

[img]
Preview
Text
Bunga Rampai_Adi Wirawan_Pustekbang_2018.pdf

Download (965kB) | Preview

Abstract

Saat ini, LSU (LAPAN Surveillance UAV) solar sedang dikembangkan oleh Pusat Teknologi Penerbangan-LAPAN. Salah satu sistem dari LSU solar yang dikembangkan adalah BMS (Batery Managament system). Sistem BMS diperlukan untuk memonitor status dari baterai yang digunakan dalam LSU solar. BMS mencakup proses charging dan discharging dari baterai LSU Solar. Untuk mendukung sistem BMS diperlukan suatu sistem yang dapat memonitor proses charging dan discharging baterai yang dilakukan oleh MPPT (Maximum Power Point Tracking). Sistem ini harus mampu memonitor arus dan tegangan dari baterai baik saat charging maupun pada proses discharging. Pada penelitian ini dibahas perancangan dari DAQ (sistem data akuisisi) dari BMS. Hasil yang didapat dari proses perancangan ini adalah suatu sistem DAQ yang dapat memonitor dan merekam arus dan tegangan baterai dari solar UAV.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: LSU Solar, DAQ, MPPT
Subjects: Teknologi Penerbangan > Penguasaan, Pengembangan dan Perekayasaan > Teknologi Aeronautika
Divisions: Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Penerbangan
Depositing User: Een Rohaeni
Date Deposited: 16 Feb 2021 02:16
Last Modified: 16 Feb 2021 15:23
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/184

Actions (login required)

View Item View Item