Analisis Statik Dan Dinamik Struktur Main Landing Gear Pesawat Nirawak LSU-02 NG LD Dengan Metode Elemen Hingga (Static And Dynamic Analysis Of LSU-02 NG LD Uav Main Landing Gear With Finite Element Method)

Gugun Gunadi and Rizky Fitriansyah and Sahril Afandi Sitompu (2019) Analisis Statik Dan Dinamik Struktur Main Landing Gear Pesawat Nirawak LSU-02 NG LD Dengan Metode Elemen Hingga (Static And Dynamic Analysis Of LSU-02 NG LD Uav Main Landing Gear With Finite Element Method). Bunga Rampai Iptek Penerbangan dan Antariksa: Progres Litbangyasa Roket, Satelit, dan Penerbangan 2018. pp. 239-248. ISSN 978-623-7102-02-1

[img]
Preview
Text
Bunga Rampai_Rizky_Pustekbang_2018.pdf

Download (978kB) | Preview

Abstract

Main landing gear merupakan salah satu komponen paling penting pada pesawat terbang. Kegagalan komponen main landing gear akan mengakibatkan kerusakan yang parah pada struktur pesawat secara keseluruhan. Analisis pada struktur main landing gear harus dilakukan untuk mengetahui kehandalan struktur main landing gear saat beroperasi. Umumnya, analisis pada struktur main landing gear hanya dilakukan dalam kasus statik, sementara beban terbesar yang akan diterima struktur main landing gear adalah beban dinamik (beban impak). Makalah ini dibuat untuk mengetahui perilaku struktur main landing gear dalam kondisi pembebanan statik dan dinamik. Analisis statik dan dinamik dilakukan pada struktur main landing gear pesawat nirawak hasil pengembangan Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN yaitu LSU-02 NG LD. Analisis dilakukan menggunakan perangkat lunak berbasis metode elemen hingga ABAQUS versi 6.14. Hasil simulasi statik pada struktur main landing gear adalah tegangan maksimum dalam arah serat (X), arah tegak lurus serat (Y), dan arah geser (XY) sebesar 121 MPa, 120 MPa dan 12.8 MPa. Hasil simulasi dinamik pada struktur main landing gear adalah tegangan maksimum arah serat (X), arah tegak lurus serat (Y), dan tegangan geser (XY) sebesar 596 MPa, 576 MPa dan 72.2 MPa. Sebagai tambahan dilakukan analisis parametrik dengan variasi massa dan kecepatan pesawat saat pendaratan terhadap keamanan struktur main landing gear. Hasil yang didapatkan adalah pengurangan kecepatan memiliki dampak yang lebih besar terhadap keamanan struktur main landing gear jika dibandingkan dengan pengurangan massa pesawat saat pendaratan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: main landing gear, beban statik, beban dinamik, metode elemen hingga, LSU-02 NG LD
Subjects: Teknologi Penerbangan > Penguasaan, Pengembangan dan Perekayasaan > Teknologi Aeronautika
Divisions: Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Penerbangan
Depositing User: Een Rohaeni
Date Deposited: 16 Feb 2021 09:59
Last Modified: 16 Feb 2021 09:59
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/195

Actions (login required)

View Item View Item