Pengaruh Penambahan Coremate Terhadap Kekuatan Tarik Pada Komposit Tipe Sandwich (Coremate Material Effect To Tensile Strength Of Sandwich Composite)

Kosim Abdurohman and Mabe Siahaan (2019) Pengaruh Penambahan Coremate Terhadap Kekuatan Tarik Pada Komposit Tipe Sandwich (Coremate Material Effect To Tensile Strength Of Sandwich Composite). Bunga Rampai Iptek Penerbangan dan Antariksa: Progres Litbangyasa Roket, Satelit, dan Penerbangan 2018. pp. 249-256. ISSN 978-623-7102-02-1

[img]
Preview
Text
Bunga Rampai_Kosim_Pustekbang_2018.pdf

Download (611kB) | Preview

Abstract

Material utama yang digunakan sebagai struktur UAV di LAPAN adalah komposit. Komposit dipilih karena memiliki beberapa keunggulan diantaranya ringan, rasio kekuatan terhadap berat yang tinggi, mechanical properties dapat disesuaikan, dan tahan terhadap fatigue. Diantara komposit yang digunakan yaitu komposit berpenguat serat e-glass mat300 menggunakan inti coremate atau biasa disebut struktur sandwich. Inti coremate digunakan karena material ini memiliki densitas yang rendah dan mampu menambah kekakuan komposit. Untuk keperluan analisa, perlu dilakukan pengujian Tarik untuk mengetahui kekuatan tarik dari komposit. Pengujian tarik dilakukan menggunakan standar ASTM D3039 yang merupakan standar pengujian tarik untuk komposit dengan matriks polimer. Hasil pengujian menunjukkan bahwa semakin bertambah lapisan coremate pada komposit, maka kekuatan komposit semakin rendah. Data pengujian menunjukkan penambahan dua lapis coremate menurunkan kekuatan tarik 10% dan penambahan tiga lapis coremate menurunkan kekuatan tarik 43%. Hal ini menunjukkan bahwa inti coremate mampu menambah kekakuan struktur komposit tapi tidak menambah kekuatan struktur.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Komposit, Coremate, Pengujian Tarik
Subjects: Teknologi Penerbangan > Penguasaan, Pengembangan dan Perekayasaan > Teknologi Aeronautika
Divisions: Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Penerbangan
Depositing User: Een Rohaeni
Date Deposited: 16 Feb 2021 10:10
Last Modified: 16 Feb 2021 10:10
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/196

Actions (login required)

View Item View Item