Nilai Kekuatan Tarik Komposit Serat E-Glass ±45° Dengan Matriks Polyester Untuk Struktur Lsu (Lapan Surveillance Uav) (Tensile Properties E-Glass ±45° Fiber With Matriks Polyesther Composite As Structure Of Lsu)

Lathifa Rusita Isna and Nur Mufidatul Ula and Kosim Abdurohman and Yusuf Giri Wijaya Nilai Kekuatan Tarik Komposit Serat E-Glass ±45° Dengan Matriks Polyester Untuk Struktur Lsu (Lapan Surveillance Uav) (Tensile Properties E-Glass ±45° Fiber With Matriks Polyesther Composite As Structure Of Lsu). Bunga Rampai Iptek Penerbangan dan Antariksa: Progres Litbangyasa Roket, Satelit, dan Penerbangan 2018. pp. 271-279. ISSN 978-623-7102-02-1

[img]
Preview
Text
Bunga Rampai_Lathifa_Pustekbang_2018.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Beberapa metode bisa diterapkan dalam manufaktur komposit, salah satunya adalah dengan metode Vacuum Infusion. Vacuum infussion memanfaatkan kekuatan tekanan dari alat Vacuum yang dimanfaatkan untuk pendistribusian resin ke dalam lapisan serat dalam pembuatan komposit. Metode ini merupakan salah satu metode yang dapat menghasilkan sifat mekanik komposit yang lebih baik daripada metode manual. Untuk menerapkan metode ini dalam pembuatan struktur UAV, perlu diketahui terlebih dahulu secara eksperimental terkait sifat mekanik dari komposit hasil Vacuum infussion ini. Eksperimen yang dilakukan diantaranya yaitu pengujian tarik untuk mendapatkan tensile stress, tensile strain, dan modulus elastisitas yang dilakukan dengan menggunakan alat UTM (Universal Testing Machine) dan dikolaborasikan dengan alat NI (National Instrument) untuk mendapatkan data poisson ratio. Selain itu dapat ditentukan pula nilai densitas, ketebalan komposit, fraksi massa dan fraksi volume material penyusun komposit serta dilakukan foto SEM (Scanning Electron Microscope) untuk melihat kerapatan ikatan antar serat dan resin. Pembuatan komposit ini menggunakan material komposit E-glass ±45° yang di campur dengan matriks resin polyester dengan metode vacuum infussion. Pembuatan spesimen mengacu pada standar pengujian tarik untuk komposit dengan matriks polimer yaitu ASTM D3039. Hasil pengujian menunjukkan nilai ultimate tensile strength yaitu 104.72±12.28 MPa, rata-rata modulus elastisitas 9587.3±1714.79MPa, dan nilai Poisson Ratio 0.80±0.16.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: E-glass ±45°, Komposit, Vacuum Infusion, Uji Tarik, Poisson Ratio
Subjects: Teknologi Penerbangan > Penguasaan, Pengembangan dan Perekayasaan > Teknologi Aeronautika
Divisions: Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Penerbangan
Depositing User: Een Rohaeni
Date Deposited: 16 Feb 2021 10:47
Last Modified: 17 Feb 2021 06:37
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/199

Actions (login required)

View Item View Item