Analisis Aliran Fluida Pada Desain Awal Chamber Sensor Laboratorium Terbang Dengan Metode CFD (Fluid Flow Analysis On Initial Design Of Airborne Laboratory Sensor Chamber With CFD Method)

Sartika and Mohamad Farraz and Sumaryati and Soni Aulia Rahayu (2017) Analisis Aliran Fluida Pada Desain Awal Chamber Sensor Laboratorium Terbang Dengan Metode CFD (Fluid Flow Analysis On Initial Design Of Airborne Laboratory Sensor Chamber With CFD Method). Prosiding SIPTEKGAN XXI-2017 Seminar Nasional Iptek Penerbangan & Antariksa XXI Tahun 2017. pp. 39-46. ISSN 978-602-71833-3-9

[img]
Preview
Text
Prosiding_Sartika_Pusteksat_2017.pdf

Download (711kB) | Preview

Abstract

Chamber sensor merupakan suatu ruang untuk menempatkan sensor parameter atmosfer yang diletakkan di dalam pod milik LSA. Desain chamber menentukan karakteristik aliran udara yang akan melewati chamber. Diharapkan dari desain tersebut diperoleh properties udara di dalam sama dengan properties udara di luar chamber. Karakteristik aliran udara tersebut dibutuhkan untuk keakuratan pengukuran sensor parameter atmosfer. Untuk itu telah dirancang desain awal dari chamber sensor yang akan digunakan pada pengembangan kegiatan penelitian Laboratorium Terbang. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis aliran fluida pada desain awal dari chamber tersebut. Metode yang digunakan yaitu Computational Fluid Dynamics (CFD) dengan bantuan software ANSYS. Proses analisis dimulai dengan membuat geometri chamber berbentuk airfoil dengan menggunakan CAD. Kemudian melakukan diskritisasi (proses meshing) dan set-up kondisi batas lalu dilanjutkan processing menggunakan ANSYS CFX. Dari hasil analisis didapatkan desain awal chamber belum sempurna, karena masih terjadi pelepasan aliran setelah melewati diffuser. Sementara untuk mengantisipasi pelepasan aliran pada Inlet chamber dapat dilakukan dengan membuat Inlet yang aerodinamis.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Chamber, CFD, ANSYS, aliran fluida
Subjects: Teknologi Penerbangan > Penguasaan, Pengembangan dan Perekayasaan > Teknologi Satelit
Divisions: Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Satelit
Depositing User: Een Rohaeni
Date Deposited: 17 Feb 2021 04:43
Last Modified: 17 Feb 2021 04:43
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/205

Actions (login required)

View Item View Item