Kajian Pembangunan Sistem Konversi Energi Angin dalam Menunjang Perikanan Laut di PII Cilateureun

Sakti Sitinjak (2006) Kajian Pembangunan Sistem Konversi Energi Angin dalam Menunjang Perikanan Laut di PII Cilateureun. LAPAN, Jakarta.

[img]
Preview
Text
Publikasi Ilmiah_Sakti Sitinjak._PKKPA_2006.pdf

Download (954kB) | Preview

Abstract

Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Cilautereun lokasinya berdekatan dengan Instalasi Uji Terbang Roket (IUTR) LAPAN, dan di lokasi tersebut berada tempat pelelangan ikan. Setiap harinya tempat pelelangan ikan ramai dikunjungi para nelayan untuk menjual hasil tangkapannya. Untuk mengurangi kerugian akibat tidak terjualnya seluruh hasil tangkapan, nelayan dan pedagang ikan membutuhkan tempat pengawetan ikan. Tempat pengawetan membutuhkan es balok clan untuk pembuatan es balok tersebut dibutuhkan energi. Akibat tarif listrik yang meningkat, nelayan dan pedagang ikan harus mengeluarkan biaya pengawetan yang cukup dan kondisi ini secara langsung menaikkan harga pokok penjualan ikan yang diawetkan yang mengurangi penghasilan pedagang dan nelayan. Untuk mengurangi biaya pengawetan akibat tarif listrik yang semakin mahal, diharapkan LAPAN dapat mengembangkan teknologi baru yang dapat mengolah sumber daya alam di lingkungan PP1 Cilautereun menjadi energi listrik yang tarifnya lebih murah dari listrik PLN. LAPAN telah melakukan penelitian dan pengembangan (LITBANG) dan pemanfaatan SKEA untuk berbagai keperluan, dan berdasarkan pengalaman dan kemampuan yang dimiliki, LAPAN diharapkan dapat membangun turbin angin pembangkit tenaga listrik untuk pembuatan es balok yang berguna bagi pengawetan ikan di lokasi pelelangan ikan PPI Cilautereun.

Item Type: Other
Additional Information: Publikasi Hasil Litbang Pusat Analisis dan Informasi Kedirgantaraan LAPAN 2006 (Kajian Kebijakan Keantariksaan Vol.1) ISBN 979-8554-95-7
Uncontrolled Keywords: SKEA; PII Cilateureun
Subjects: Kajian Kebijakan Penerbangan dan Antariksa > Kajian > Sosioekonomi Penerbangan dan Antariksa
Divisions: Sekretaris Utama > Pusat Kajian Kebijakan Penerbangan Dan Antariksa
Depositing User: Sulisnaeni
Date Deposited: 19 Feb 2021 04:05
Last Modified: 21 Feb 2021 09:02
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/219

Actions (login required)

View Item View Item