Pembuatan dan Pemurnian Monogliserida dari Hasil Reaksi Gliserolisis CPO sebagai Bahan Baku Pembuatan Poliuretan

Geni Rosita (2016) Pembuatan dan Pemurnian Monogliserida dari Hasil Reaksi Gliserolisis CPO sebagai Bahan Baku Pembuatan Poliuretan. Prosiding SIPTEKGAN XX-2016 Seminar Nasional IPTEK Penerbangan dan Antariksa XX Tahun 2016. pp. 193-203.

[img]
Preview
Text
Prosiding_Geni_Pustekbang_2016.pdf

Download (669kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan beberapa tahap,dimulai dari tahap suatu polimerisasi menghasilkan suatu adonan yang terdiri dari dua lapis yaitu cair dan kental. Lapisan yang kental merupakan campuran Trigeliserida dan Monogliserida yang selanjutnya dilakukan pemisahan, dimana metoda pemisahan yang baik hasinya lebih bagus adalah dengan metoda kolom. Monogliserida yang didapat memiliki rantai pendek dan diolah menjadi, Poliepoksi, Polialkid, Poliacid. Agar diperoleh bahan dasar untuk mendapatkan Poliuretan yang berfungsi sebagaifuel binder masih diperlukan upaya untuk memperpanjang rantai Monogliserida Dengan memperpanjang rantai akan diperoleh Poliuretan sebagaifuel binder yang ditunjukan pada panjang gelombang 2273 cm-1(hasil analisa dengan FTIR) dengan melakukan uji kualitas Poliuretan didapatkan kuat tarik 3300 psi, kemuluran = 75%, kekerasan = 72Short A.kuat rekat steel >< steel = 27 (Lbi), karet >< karet = 12 (Lbi) dan Al >< Al 25 (Lbi). Untuk daya rekat pada suhu tinggi perlu perbaikan mutu Poliuretan dengan memperpanjang rantaiMonoglidserida.

Item Type: Article
Additional Information: ISBN 978-602-71833-2-2
Uncontrolled Keywords: Monogliserida, Gliserolisis, Poliuretan, CPO, Polimerisasi
Subjects: Teknologi Penerbangan dan Antariksa > Penelitian, Pengembangan, Perekayasaan, dan Pemanfaatan > Teknologi Roket
Divisions: Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Roket
Depositing User: Titi Herawati
Date Deposited: 19 Feb 2021 05:09
Last Modified: 25 Jul 2021 05:44
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/250

Actions (login required)

View Item View Item