Kajian Optimalisasi Hasil Pemanfaatan Litbang Penginderaan jauh LAPAN untuk Infrastruktur Pariwisata

Husni Nasution (2006) Kajian Optimalisasi Hasil Pemanfaatan Litbang Penginderaan jauh LAPAN untuk Infrastruktur Pariwisata. LAPAN, Jakarta.

[img]
Preview
Text
Publikasi Ilmiah_Husni Nasution_PKKPA_2006.pdf

Download (792kB) | Preview

Abstract

Infrastruktur pariwisata merupakan salah satu aplikasi teknologi penginderaan jauh. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) sebagai lembaga non departemen yang mempunyai tugas melakukan penelitian dan pengembangan di bidang kedirgantaraan, salah satunya adalah pemanfaatan teknologi penginderaan jauh. Banyak hasil penelitian dan pengembangan LAPAN telah dimanfaatkan untuk berbagai bidang pembangunan, diantaranya adalah untuk infrastruktur pariwisata. Makalah ini mengkaji optimalisasi hasil penginderaan jauh LAPAN untuk infrastruktur pariwisata. Model yang digunakan di dalam optimalisasi ini adalah model formula Klir (1991), bahwa suatu sistem pengembangan iptek merupakan fungsi dari transformasi teknologi dan adanya keterkaitan antar kegiatan yang dirumuskan sebagai S = f ( T, R). Sedangkan untuk melengkapi kerangka sistim dilakukan ana I isis C'ATWOE (Clients, Actors, Transformations, Worldviews, Owners, dan Environments).

Item Type: Other
Additional Information: Publikasi Hasil Litbang Pusat Analisis dan Informasi Kedirgantaraan LAPAN 2006 (Kajian Kebijakan Keantariksaan Vol.1) ISBN 979-8554-95-7
Uncontrolled Keywords: infrastruktur pariwisata; teknologi penginderaan jauh; Formula Klir; analisis CATWOE
Subjects: Teknologi Penginderaan Jauh > Pemanfaatan Data dan Diseminasi Informasi
Kajian Kebijakan Penerbangan dan Antariksa > Kajian > Sosioekonomi Penerbangan dan Antariksa
Divisions: Sekretaris Utama > Pusat Kajian Kebijakan Penerbangan Dan Antariksa
Depositing User: Sulisnaeni
Date Deposited: 19 Feb 2021 16:13
Last Modified: 19 Feb 2021 17:00
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/259

Actions (login required)

View Item View Item