Pengembangan Standardisasi Metode Koreksi Geometrik Data Optik Satelit Penginderaan Jauh Resolusi Menengah

Fadila Muchsin and Hendayani and Sukentyas Estuti Siwi and Tuti Gantini and Atriyon Julzarika (2018) Pengembangan Standardisasi Metode Koreksi Geometrik Data Optik Satelit Penginderaan Jauh Resolusi Menengah. Prosiding Seminar Nasional Penginderaan Jauh ke-4 Tahun 2017 (4). pp. 71-76.

[img]
Preview
Text
Prosiding_Fadila_Pusdata_2017.pdf

Download (795kB) | Preview

Abstract

Undang-undang No. 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan pasal 19 ayat 2 menyebutkan bahwa pengolahan data penginderaan jauh wajib dilakukan dengan mengacu pada metode dan kualitas pengolahan data penginderaan jauh (inderaja) yang ditetapkan oleh lembaga (LAPAN). Metode pengolahan data yang dimaksud salah satunya adalah koreksi geometrik. Koreksi geometrik merupakan proses untuk memperbaiki posisi/koordinat data (inderaja) sehingga sesuai dengan posisi di permukaan bumi. Berbagai metode koreksi geometrik telah dilakukan dan diimplementasikan di Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) pada data penginderaan jauh berbagai resolusi untuk menghasilkan produk inderaja seperti mosaik citra satelit bebas awan, surface reflectance dan produk turunan lainnya. Produk tersebut diberikan kepada setiap pengguna dari Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah dan Lembaga Pendidikan untuk keperluan pemetaan, tata ruang, kehutanan, pertanian, kelautan, bencana alam, penelitian dan pengembangan, dan sebagainya. Namun metode yang dilakukan belum distandarkan sehingga masih menyulitkan bagi pengguna di luar LAPAN untuk melakukan koreksi geometrik secara mandiri dan menghasilkan akurasi geometrik yang sesuai standar. Pada penelitian telah dilakukan pengembangan standar koreksi geometrik data penginderaan jauh satelit meliputi ketentuan untuk data masukan, model koreksi (rigorous sensor model dan rational function model), rektifikasi, resampling, data keluaran dan ketelitian posisi geometrk. Pengembangan standardisasi koreksi geometrik mengacu kepada ketentuan Badan Nasional Standar (BSN). Penelitian ini telah menghasilkan standar koreksi geometri yang akan diberlakukan di lingkungan LAPAN dan pengguna data inderaja dan diharapkan dapat menjadi Standar Nasional Indonesia (SNI).

Item Type: Article
Additional Information: ISBN 978-602-72335-5-3
Uncontrolled Keywords: Undang-undang, LAPAN, standardisasi, koreksi geometri, penginderaan jauh
Subjects: Teknologi Penginderaan Jauh > Penelitian, Pengkajian, dan Pengembangan > Teknologi dan Data Penginderaan Jauh > Perolehan Data > Koreksi Geometric
Divisions: Deputi Penginderaan Jauh > Pusat Pemanfaatan Penginderaan jauh
Depositing User: Dinar Indrasasi
Date Deposited: 22 Feb 2021 08:45
Last Modified: 09 Sep 2021 01:21
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/280

Actions (login required)

View Item View Item