Simulasi Numerik Pengaruh Defleksi Fin Roket RX-320 Terhadap Flutter Dan Kekuatan Struktur Fin Roket (Numerical Simulation Rocket RX 320 Fin Deflection Influence On Flutter And It’s Structural Strength)

Setiadi and Vicky Wuwung (2017) Simulasi Numerik Pengaruh Defleksi Fin Roket RX-320 Terhadap Flutter Dan Kekuatan Struktur Fin Roket (Numerical Simulation Rocket RX 320 Fin Deflection Influence On Flutter And It’s Structural Strength). Prosiding SIPTEKGAN XXI-2017 Seminar Nasional Iptek Penerbangan & Antariksa XXI Tahun 2017. pp. 297-304. ISSN 978-602-71833-3-9

[img]
Preview
Text
Prosiding_Setiadi_Pustekbang_2017.pdf

Download (603kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai permasalahan flutter yang terjadi pada sirip roket RX320 pada saat terbang jelajahnya. Flutter yang terjadi diawali dengan terjadinya deformasi pada sirip roket yang juga dapat mempengaruhi kestabilan terbang roket. Simulasi numerik dengan modal approach coupling dilakukan untuk mengetahui fenomena Fluid Structure Interaction (FSI) yang berakibat pada kemungkinan timbulnya flutter. Selain itu, simulasi numerik juga dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui batas defleksi fin maksimum dan hubungannya dengan kekuatan struktur fin. Simulasi numerik modal approach dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak Numeca Fine/Open dengan model aliran turbulen k – ε dan unsteady. Flutter yang diprediksi pada penelitian ini adalah bendingtorsi flutter. Prediksi kecepatan dan kriteria bending-torsion flutter pertama kali dilakukan dengan menggunakan persamaan pada report NACA Tn 4197, yang kemudian apabila kecepatan terbang jelajah roket berada di bawah kecepatan flutter prediksi, maka dilakukan validasi frekuensi natural sirip melalui simulasi numerik. Hasil dari simulasi numerik menunjukan bahwa semakin tinggi moda frekuensi natural, maka semakin besar nilai defleksi maksimum, dan defleksi terbesar terjadi pada moda ke-4 dengan defleksi sebesar 3.17 pada frekuensi sebesar 801Hz, serta belum terjadi osilasi. Kegagalan struktur dapat terjadi pada mode tersebut dan untuk mengatasinya dibutuhkan material dengan modulus geser yang lebih besar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: : bending-torsi flutter, kecepatan flutter, simulasi FSI, frekuensi natural, defleksi maksimum, modulus geser.
Subjects: Teknologi Penerbangan > Penguasaan, Pengembangan dan Perekayasaan > Teknologi Roket
Divisions: Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Roket
Depositing User: Een Rohaeni
Date Deposited: 23 Feb 2021 00:02
Last Modified: 23 Feb 2021 00:02
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/284

Actions (login required)

View Item View Item