Pengaruh Clearance Impeller dan Viskositas HTPB terhadap Polimerisasi Binder Propelan

Afni Restasari and Luthfia Hajar Abdillah (2017) Pengaruh Clearance Impeller dan Viskositas HTPB terhadap Polimerisasi Binder Propelan. Prosiding SIPTEKGAN XXI-2017 Seminar Nasional Iptek Penerbangan & Antariksa XXI Tahun 2017. pp. 331-339.

[img]
Preview
Text
Prosiding_Afni Restasari_Pustekroket_2017.pdf

Download (385kB) | Preview

Abstract

Karakteristik poliuretan yang baik, dengan produk samping yang minimal, diperlukan agar sifat – sifatnya yang terukur mewakili komposisinya sehingga penentuan komposisi binder propelan lebih valid. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh prosedur pencampuran terhadap karakteristik poliuretan. Dalam penelitian ini, polimer A dan B dibuat dari HTPB:TDI 15:1 yang diawali dengan pengadukan HTPB secara individu dengan teknik X yang menggunakan impeller baling – baling dengan variasi clearance. Polimer A dibuat dengan teknik X. Sedangkan, polimer B menggunakan teknik X dilanjutkan dengan impeller jangkar. Analisa metode ini meliputi penentuan laju kenaikan viskositas dengan pengukuran viskositas, peningkatan kekerasan dan analisa gugus fungsi. Diketahui bahwa pengadukan HTPB sebelum pencampuran dengan TDI dapat menghasilkan poliuretan yang relatif homogen,metode pembuatan prepolimer B menghasilkan laju kenaikan viskositas yang lebih besar daripada prepolimer A. Sementara, metode pembuatan polimer A unggul pada kekerasan daripada polimer B.

Item Type: Article
Additional Information: ISBN 978-602-71833-3-9
Uncontrolled Keywords: Pencampuran, Poliuretan, Viskositas, Propelan, Kekerasan.
Subjects: Teknologi Penerbangan dan Antariksa > Penelitian, Pengembangan, Perekayasaan, dan Pemanfaatan > Teknologi Roket
Divisions: Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Roket
Depositing User: Een Rohaeni
Date Deposited: 25 Feb 2021 01:18
Last Modified: 26 Jul 2021 12:07
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/291

Actions (login required)

View Item View Item