Pengaruh Komposisi Propelan terhadap Nilai Atenuasi Radiografi

Rika Suwana Budi and Geni Rosita (2017) Pengaruh Komposisi Propelan terhadap Nilai Atenuasi Radiografi. Prosiding SIPTEKGAN XXI-2017 Seminar Nasional Iptek Penerbangan & Antariksa XXI Tahun 2017. pp. 350-355.

[img]
Preview
Text
Prosiding_Rika Suwana_Pustekroket_2017.pdf

Download (201kB) | Preview

Abstract

Serapan paparan radiasi pada materi menghasilkan gambar proyeksi dua dimensi dalam media penangkap energi yang membentuk film radiograf dengan nuansa hitam putih dengan tingkat kontras yang bergantung kepada banyaknya elektron yang diteruskan yang berinteraksi dengan media. Kombinasi linear dari komposisi dan nilai atenuasi karakteristik tiap komponen penyusun bahan propelan padat menghasilkan nilai atenuasi bahan yang khas untuk bahan tersebut dan sangat tergantung kepada tingkat energi radiasi yang digunakan serta jenis bahan penyusun, nilai komposisi yang berbeda untuk bahan penyusun yang sama menghasilkan nilai yang relatif tetap pada tingkat energi radiasi tertentu. Atas dasar hal di atas dalam makalah ini telah dilakukan perhitungan nilai atenuasi serapan radiasi bahan propelan pada energi radiasi senilai 2 MV atau setara dengan energi radioisotop Co-60. Metode perhitungan didasarkan kepada perhitungan nilai nilai total atenuasi bahan sebagai jumlah dari nilai atenuasi individu atom/molekul penyusun bahan propelan berbasis HTPB dan oksidiser Ammonium Perklorat (AP) dengan energi sumber radiasi berasal dari Co-60. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai atenuasi hanya tergantung kepada sifat kualitatif bahan daripada sifat kuantitatif bahan/komposisi bahan untuk atom/molekul penyusun propelan.

Item Type: Article
Additional Information: ISBN 978-602-71833-3-9
Uncontrolled Keywords: propelan padat, atenuasi, HTPB, AP, Co-60, IQI, material ekuivalen.
Subjects: Teknologi Penerbangan dan Antariksa > Penelitian, Pengembangan, Perekayasaan, dan Pemanfaatan > Teknologi Roket
Divisions: Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Roket
Depositing User: Een Rohaeni
Date Deposited: 25 Feb 2021 01:39
Last Modified: 26 Jul 2021 12:47
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/293

Actions (login required)

View Item View Item