Perancangan Awal Sistem Stasiun Bumi Penginderaan Jauh untuk Akuisisi dan Perekaman Data Satelit JPSS-1 (Joint Polar Satellite System)

Muchammad Soleh and Agus Suprijanto and B. Pratiknyo Adi Mahatmanto (2016) Perancangan Awal Sistem Stasiun Bumi Penginderaan Jauh untuk Akuisisi dan Perekaman Data Satelit JPSS-1 (Joint Polar Satellite System). Prosiding Seminar Nasional Penginderaan Jauh 2016. pp. 51-62. ISSN 978-979-1458-99-3

[img]
Preview
Text
Prosiding_Muchammad Soleh_Pustekdata_2016.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu satelit pemantauan bumi dan lingkungan global dengan orbit polar yaitu satelit S-NPP (SuomiNational Polar Orbiting) yang diluncurkan pada tahun 2011 akan segera berakhir masa beroperasinya. S-NPP membawa lima sensor utama untuk pemantauan bumi yaitu VIIRS (Visible Infrared Imaging Radiometer Suite), CrIS (Cross-track Infrared Sounder), ATMS (Advanced Technology Microwave Sounder), OMPS (Ozone Mapping and Profiler Suite), dan CERES (Clouds and the Earth’s Radiant Energy System). Direncanakan satelit polar JPSS-1 (Joint Polar Satellite System) akan segera diluncurkan pada tahun 2017yang akan melanjutkan misi pemantauan bumi yang dilakukan oleh S-NPP. JPSS-1 juga membawa lima sensor utama yang sama dengan S-NPP yaitu VIIRS, CrIS, ATMS, OMPS dan CERES. Salah satu produk data sensor dari JPSS-1 yaitu data VIIRS, saat ini banyak digunakan untuk aplikasi pemantauan hotspot/fire detection, fase pertumbuhan tanaman padi (NDVI), penentuan zona potensi penangkapan ikan (SST), dan lain sebagainya. Dengan banyaknya manfaat dari penggunaan data satelit untuk keperluan pemantauan lingkungan resolusi rendah seperti S-NPP dan JPSS-1, maka untuk menjamin keberlangsungan penerimaan data satelit polar S-NPP dipandang perlu mengkaji kesiapan penerimaan data satelit polar JPSS-1 sebagai kelanjutan misi yang sama dengan S-NPP. Makalah ini membahas tentang perancangan awal sistem stasiun bumi penginderaan jauh, khususnya untuk penerimaan dan perekaman data satelit masa depan JPSS-1 meliputi sistem antenna penerima (antenna, receiver) dan sistem perekaman datanya (ingest, demodulator).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: JPSS-1, remote sensing, receiver ground station
Subjects: Teknologi Penerbangan > Perencanaan, Pembangunan dan Pengoperasian > Stasiun Bumi Penginderaan Jauh
Divisions: Deputi Penginderaan Jauh > Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh
Depositing User: Dinar Indrasasi
Date Deposited: 25 Feb 2021 14:31
Last Modified: 26 Feb 2021 06:45
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/308

Actions (login required)

View Item View Item