Uji Coba dan Analisis Pemetaan Vegetasi Menggunakan Kamera Saku Modifikasi NIR Pada Wahana Pesawat Terbang Tanpa Awak (PTA) (Studi Kasus: Desa Sumberker, Kab. Biak)

Daniel Sande Bona (2016) Uji Coba dan Analisis Pemetaan Vegetasi Menggunakan Kamera Saku Modifikasi NIR Pada Wahana Pesawat Terbang Tanpa Awak (PTA) (Studi Kasus: Desa Sumberker, Kab. Biak). Prosiding Seminar Nasional Penginderaan Jauh 2016. pp. 43-50.

[img]
Preview
Text
Prosiding_Daniel Sande Bona_BalaiLAPANBiak_2016_compressed.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Pemanfaatan Pesawat Terbang Tanpa Awak (PTA) untuk pemantauan vegetasi semakin banyak digunakan salah contohnya untuk pemantauan kesehatan tanaman pada perkebunan atau pertanian. Makalah ini membahasa hasil uji coba dan analisa pemantauan vegetasi dengan menggunakan kamera saku yang sudah dimodifikasi dengan filter NIR ROSCO 2007. Lingkup pembahasan pada makalah ini antara lain analisa akurasi hasil foto udara dalam membedakan objek vegetasi dan non-vegetasi. Selanjutnya studi ini melakukan analisa akurasi hasil foto udara untuk membedakan vegetasi yang sehat dan tidak sehat. Studi ini juga melakukan perbandingan secara statistik indeks vegetasi antara citra foto udara hasil pemotretan kamera saku modifikasi dengan citra satelit multispektral resolusi menengah dan tinggi. Hasil studi ini ialah optimasi pengaturan dan kalibrasi kamera serta optimasi metode pengolahan citra foto udara hasil pemotretan kamera saku modifikasi untuk pemantauan vegetasi.

Item Type: Article
Additional Information: ISBN 978-979-1458-99-3
Uncontrolled Keywords: vegetasi,kamera saku, filter NIR, pesawat terbang tanpa awak
Subjects: Teknologi Penginderaan Jauh > Pengelolaan dan Pengembangan > Citra Satelit
Divisions: Deputi Teknologi Penerbangan Dan Antariksa > Pusat Teknologi Satelit > Balai Kendali Satelit, Pengamatan Antariksa Dan Atmosfer, Dan Penginderaan Jauh Biak
Depositing User: Dinar Indrasasi
Date Deposited: 25 Feb 2021 14:54
Last Modified: 09 Sep 2021 02:29
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/310

Actions (login required)

View Item View Item