Analisis Gangguan Geomagnet di Biak Untuk Peringatan Dini Gangguan Geomagnet

Mamat Ruhimat (2013) Analisis Gangguan Geomagnet di Biak Untuk Peringatan Dini Gangguan Geomagnet. Buku: Geomagnet dan Magnet Antariksa Edisi ke-3 2013. pp. 1-5.

[img]
Preview
Text
Buku_Mamat Ruhimat_Pussainsa_2013.pdf

Download (412kB) | Preview

Abstract

Gangguan geomagnet sangat erat kaitannya dengan parameter angin surya dan medan magnet antarplanet, terutama yang mengarah ke selatan (Bz negatif), karena kondisi ini yang akan menyebabkan rekoneksi magnet yang mentransfer energi dari angin surya ke magnetosfer bumi. Aliran energi ini dapat mengakibatkan terjadinya gangguan pada medan geomagnet sehingga dengan diketahuinya aktivitas dari parameter angin surya dan medan magnet antarplanet dapat memprediksi adanya gangguan geomagnet dipermukaan bumi. Korelasi antara gangguan geomagnet yang diamati di Balai Penjejakan dan Kendali Wahana Antariksa (BPKWA) Biak dengan prediksi hasil perhitungan menggunakan jaringan saraf tiruan menunjukkan bahwa selang waktu antara gangguan geomagnet komponen H di Biak dengan basil perhitungan adalah satu jam. Ini mengindikasikan bahwa model gangguan geomagnet yang dibangun dari kecepatan angin surya dan medan magnet antarplanet efeknya terhadap geomagnet memerlukan waktu untuk sampai ke bumi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: gangguan geomagnet, angin surya, medan magnet antarplanet,jaringan saraftiruan
Subjects: Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, Perekayasaan dan Pemanfaatan > Sains Antariksa > Magnetosfer dan Lingkungan Antariksa
Divisions: Deputi Sains Antariksa Dan Atmosfer > Pusat Sains Antariksa
Depositing User: Sulisnaeni
Date Deposited: 01 Mar 2021 16:27
Last Modified: 02 Mar 2021 07:45
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/334

Actions (login required)

View Item View Item