Analisis Fungsi Aktivasi Basis Radial pada Jaringan Saraf Tiruan untuk Mendukung Prediksi Gangguan Geomagnet

John Maspupu (2013) Analisis Fungsi Aktivasi Basis Radial pada Jaringan Saraf Tiruan untuk Mendukung Prediksi Gangguan Geomagnet. In: Geomagnet dan Magnet Antariksa. C.V. Indira, Bandung, pp. 14-23.

[img]
Preview
Text
Buku_John Maspupu_Pussainsa_2013.pdf

Download (660kB) | Preview

Abstract

Makalah ini membahas suatu fungsi aktivasi khusus pada JST atau jaringan syaraf tiruan untuk mendukung sistem prediksi gangguan geomagnet. Fungsi aktivasi khusus ini lebih dikenal dengan sebutan fungsi basis radial (radial basis functions - RBF). Selain itu dalam makalah ini juga diberikan suatu simulasi tentang penerapan fungsi aktivasi basis radial pada penentuan bobot JST. Untuk mendapatkan tingkat gangguan geomagnet kita perlu mengetahui variasi hari tenang geomagnet. Dengan demikian untuk memprediksi tingkat gangguan geomagnet, cukup diprediksi variasi hari tenangnya dan kemudian dibandingkan dengan basilbasil pemantauan variasi harlan geomagnet di stasiun pengamatan tertentu. lnformasi yang diperoleh dari basil kajian teori menunjukkan bahwa wujud fungsi aktivasi basis radial ini adalah berbentuk distribusi fungsi Gauss, sehingga memiliki sifat-sifat probabilitas distribusi normal. Oleh karena itu pembelajaran dengan menggunakan fungsi aktivasi basis radial ini secara teori lebih cocok diterapkan pada algoritma Probabilistic Neural Network (PNN ). Selain itu penentuan bobot JST sangat tergantung pada matriks interpolasi yang nonsingulir. Hal ini terkait dengan perbandingan antara banyaknya fungsi basis radial di lapisan tersembunyi dan banyaknya pola masukan.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Fungsi aktivasi, Basis radial, JST, Gangguan , Geomagnet
Subjects: Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, Perekayasaan dan Pemanfaatan > Sains Antariksa > Magnetosfer dan Lingkungan Antariksa
Divisions: Deputi Sains Antariksa Dan Atmosfer > Pusat Sains Antariksa
Depositing User: Sulisnaeni
Date Deposited: 01 Mar 2021 17:11
Last Modified: 01 Mar 2021 17:11
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/336

Actions (login required)

View Item View Item