Sistem Perhitungan Indeks-K Multi Stasiun Berbasis Komputer Klaster

Hari Bangkit and L. M. Musafar K (2013) Sistem Perhitungan Indeks-K Multi Stasiun Berbasis Komputer Klaster. Buku: Geomagnet dan Magnet Antariksa Edisi Ke-3 2013. pp. 76-83.

[img]
Preview
Text
Buku_Harry Bangkit dkk_Pussainsa_2013.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Indeks-K menyatakan besar gangguan pada komponen horisontal medan geomagnet saat terjadi badai magnet yang diekstrak dari data rekaman magnetometer lokal. Salah satu manfaat indeks-K berguna bagi operator telekomunikasi radio HF yang memanfaatkan lapisan ionosfer dimana dapat mengalami gangguan saat terjadi badai magnet. Sistem akuisisi data geomagnet near real-time telah berjalan di Balai atau Loka Pengamat Dirgantara yang tersebar di wilayah Nusantara. Metoda perhitungan indeks-K semakin akurat dan kompleks. Oleh karena itu, untuk memberikan informasi indeks-K dari beberapa stasiun secara near real-time perlu ditingkatkan kecepatan proses perhitungan. Dalam makalah ini akan dibahas teknik peningkatan kecepatan perhitungan indeks-K untuk multi stasiun, dimana metoda perhitungan indeks-K terdahulu dikembangkan untuk menghitung indek-K multi stasiun, dan dibangun sebuah komputer klaster untuk menjalankan komputasinya. Proses perhitungan indeks-K multi stasiun pada komputer Master menunjukkan waktu penyelesaian lima kali lebih cepat dibanding pada komputer standalone. Noise data sangat menentukkan lamanya waktu penyelesaian dan kualitas hasil perhitungaan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Beowulf Cluster, PelicanHPC, Komputer Klaster, Data Geomagnet, Indeks-K
Subjects: Sains Antariksa dan Atmosfer > Penelitian, Pengembangan, Perekayasaan dan Pemanfaatan > Sains Antariksa > Magnetosfer dan Lingkungan Antariksa
Divisions: Deputi Sains Antariksa Dan Atmosfer > Pusat Sains Antariksa
Depositing User: Sulisnaeni
Date Deposited: 02 Mar 2021 15:11
Last Modified: 02 Mar 2021 15:21
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/346

Actions (login required)

View Item View Item