Penerapan Applikasi Geonode untuk Pembangunan Sistem Pemantauan Bumi Nasional (SPBN) di Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh LAPAN

Ahmad Sutanto and Aby Al Khudri and Taufik Hidayat (2017) Penerapan Applikasi Geonode untuk Pembangunan Sistem Pemantauan Bumi Nasional (SPBN) di Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh LAPAN. Prosiding Seminar Penginderaan Jauh ke-4 Tahun 2017. pp. 41-52.

[img]
Preview
Text
Prosiding_Taufik Hidayat_Pusfatja_2017.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Banyak data penginderaan jauh yang telah diolah oleh Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh (Pusfatja) Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dalam bentuk informasi yang sudah dimanfaatkan dan digunakan oleh Kementrian/Lembaga Pemerintah, Pemerintah Daerah Provinsi Kabupaten/Kota, Akademisis, BUMN, BUMD, dan Swasta. Informasi yang di olah oleh PUSFATJA adalah Zona Potensi Penangkapan Ikan (ZPPI), Sumber Air dan Kualitas Danau, Terumbu Karang, Sistem Peringkat Bahaya Kebakaran Indonesia, Respon Bencana, Potensi Banjir Harian, Mangrove, Lahan Akses Terbuka (Areal Pertambangan), Kualitas Air Laut, Informasi Potensi Kekeringan, Informasi Hutan dan Non Hutan, Hotspots, Informasi Gunung Api Indonesia, Informasi Fase Pertumbuhan Padi Indonesia. Dari semua informasi tersebut, dibutuhkan sebuah sistem yang dapat mempermudah user atau pengguna agar dapat memperoleh informasi secara cepat, aman, dan real time. Dengan melakukan Pengoperasian infrastruktur dan pengayaan konten informasi Sistem Pemantauan Bumi Nasional secara baik salah satunya adalah menggunakan Geonode. Geonode dapat mengintegrasikan informasi tersebut dalam layer-layer sistem pemetaan web dan internet. Geonode merupakan sebuah sistem geoportal opensource gabungan antara framework Django dan bahasa pemograman Python yang mampu untuk menyajikan visualisasi spasial dinamis secara interaktif dan terhubung ke jaringan informasi elektronik. Hal ini sangat penting bagi pengambil keputusan dan mitra dalam persiapan pernecanaan, pembangunan, pengawasan, dan respon terhadap keadaan darurat kemanusiaan di seluruh indonesia dan juga dapat mempromosikan teknologi inovatif dan praktik terbaik penerapan informasi Geospasial.

Item Type: Article
Additional Information: ISBN 978-602-72335-5-3
Uncontrolled Keywords: Geonode, Web, Opensource
Subjects: Teknologi Penginderaan Jauh > Penyimpanan dan Pendistribusian Data
Divisions: Deputi Penginderaan Jauh > Pusat Pemanfaatan Penginderaan jauh
Depositing User: Dinar Indrasasi
Date Deposited: 04 Mar 2021 08:45
Last Modified: 27 Sep 2021 02:38
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/375

Actions (login required)

View Item View Item