Pemanfaatan Data Satelit Penginderaan Jauh untuk Deteksi Tumpahan Minyak di Perairan Pantai dan Laut

Sayidah Sulma and M. Rokhis Khomarudin and Nanik Suryo Haryani (2014) Pemanfaatan Data Satelit Penginderaan Jauh untuk Deteksi Tumpahan Minyak di Perairan Pantai dan Laut. Crespent Press, Bogor.

[img]
Preview
Text
Bunga Rampai_Sayidah Sulma dkk_Hlm.43-54_2014.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penginderaan jauh merupakan salah satu teknologi yang memiliki keunggulan dalam deteksi cepat tumpahan minyak di perairan pantai dan laut. Saat ini telah tersedia berbagai sensor satelit penginderaan jauh yang dapat dimanfaatkan untuk deteksi tumpahan minyak. Kajian pemanfaatan data satelit penginderaan jauh serta penggunaan metode yang tepat sangat diperlukan untuk mendeteksi tumpahan minyak di laut. Pengkajian dilakukan menggunakan metode deskriptif dengan menganalisis beberapa penerapan metode deteksi tumpahan minyak di taut dan data dari berbagai sensor satelit penginderaan jauh. Berdasarkan hasil kajian diketahui bahwa penggunaan multi sensor dan multi temporal dalam pemantauan tumpahan minyak akan memberikan hasil yang lebih baik. Metode deteksi tumpahan minyak secara manual memberikan tingkat kepercayaan yang kurang pasti, sedangkan penerapan metode segmentasi multi skala dan multi variabel (fitur) secara otomatis menggunakan data SAR menunjukkan tingkat akurasi yang lebih balk yaitu deteksi lapisan minyak 78% dan 89% pada lapisan minyak yang tipis. Ketersediaan data multi sensor secara near-realtime serta penerapan metode deteksi tumpahan minyak yang akurat dan terkini merupakan kebutuhan utama dalam pemantauan sebaran saat kejadian berlangsung dan penentuan luas pasca tumpahan minyak terjadi. Hal ini sangat diperlukan, khususnya dalam mendukung penuntutan ganti rugi kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh tumpahan minyak tersebut.

Item Type: Other
Additional Information: Bunga Rampai Pemanfaatan Data Penginderaan Jauh Untuk Pemantauan, Deteksi dan Kajian Lingkungan. ISBN. 978-602-14437-3-6
Uncontrolled Keywords: Penginderaan jauh, tumpahan minyak, pantai, laut
Subjects: Teknologi Penginderaan Jauh > Pemanfaatan Data dan Diseminasi Informasi
Divisions: Deputi Penginderaan Jauh > Pusat Pemanfaatan Penginderaan jauh
Depositing User: Dinar Indrasasi
Date Deposited: 10 Mar 2021 14:09
Last Modified: 12 Mar 2021 14:00
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/395

Actions (login required)

View Item View Item