Spasial Pemantauan Kabut Asap (Haze) di Propinsi Riau dengan Menggunakan Google Earth

Muhammad Priyatna and M. Rokhis Khomarudin and Kusumaning Ayu DS (2014) Spasial Pemantauan Kabut Asap (Haze) di Propinsi Riau dengan Menggunakan Google Earth. Crespent Press, Bogor.

[img]
Preview
Text
Bunga Rampai_Muhammad Priyatna dkk_Hlm.55-66_2014.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pemanfaatan data dalam mendukung informasi spasial pemantauan kabut asap di propinsi Riau dengan menggunakan Google Earth dapat digunakan untuk prediksi awal arah aliran haze kebakaran yang terjadi di wilayah terbakar tersebut. Secara umum dengan kombinasi informasi titik panas dan data raster dari data satelit MODIS Red Green Blue sesuai dengan tanggal kejadian kebakaran, maka dapat diketahui arah kabut asap. Dalam tulisan ini dilakukan metode penggabungan informasi spasial titik panas yang telah dikonversi dalam file KML (Keyhole Markup Language) dapat dikombinasikan dengan data MODIS Red Green Blue sesuai dengan tanggal kejadian kabut asap. Dengan hasil gabungan ini dapat diketahui predikasi awal arah aliran haze kebakaran yang terjadi di wilayah terbakar tersebut. Pada data MODIS Red Green Blue tanggal 24 Juni 2012, tampak arah kabut asap menuju ke wilayah Utara propinsi Sumatera. Untuk keperluan layer tambahan ini, data MODIS Red Green Blue perlu dikonversi kedalam bahasa KML, sehingga akan memudahkan proses visualisasi kombinasi di aplikasi Google Earth. Disarankan dalam penggunaan data MODIS Red Green Blue tersebut dilakukan pemilihan data yang hampir mendekati bebas dari awan terlebih dahulu, hal ini untuk mendapatkan dan memudahkan hasil pemantauan kabut asap nantinya dan juga ditambah data arah angin sehingga menambah keakuratan arah pantauan asap yang terjadi.

Item Type: Other
Additional Information: Bunga Rampai Pemanfaatan Data Penginderaan Jauh Untuk Pemantauan, Deteksi dan Kajian Lingkungan. ISBN. 978-602-14437-3-6
Uncontrolled Keywords: Haze, Titik Panas, Google Earth, MODIS dan KML
Subjects: Teknologi Penginderaan Jauh > Perolehan Data > Pengoperasian Satelit
Divisions: Deputi Penginderaan Jauh > Pusat Pemanfaatan Penginderaan jauh
Depositing User: Dinar Indrasasi
Date Deposited: 10 Mar 2021 14:26
Last Modified: 12 Mar 2021 14:05
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/396

Actions (login required)

View Item View Item