Pemanfaatan Data Penginderaan Jauh untuk Pemantauan Kebakaran Hutan/Lahan di Sumatera

Any Zubaidah and Yenni Vetrita and Muhammad Priyatna (2014) Pemanfaatan Data Penginderaan Jauh untuk Pemantauan Kebakaran Hutan/Lahan di Sumatera. Crespent Press, Bogor.

[img]
Preview
Text
Bunga Rampai_ Any Zubaidah dkk_Hlm.67-76_2014.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kebakaran hutan/lahan di Indonesia terjadi hampir setiap tahun. Kebakaran hutan/lahan bukan hanya disebabkan oleh faktor alam saja, melainkan juga disebabkan oleh aktivitas manusia seperti pembersihan lahan/land clearing dan perluasan lahan untuk pertanian atau perkebunan. Kebakaran hutan/lahan dapat diindikasikan dengan adanya titik api (hotspot). Hotspot dapat dapat dipantau secara harian menggunakan citra satelit penginderaan jauh. Penelitian it'll bertujuan untuk menganalisis dampak asap kebakaran hutan/lahan menggunakan citra satelit penginderaan jauh. Dad penelitian, arah atau aliran dan sebaran asap yang terbawa oleh arus angin dapat diketahui secara visual dalam bentuk informasi citra sebaran asap. Informasi ini dapat digunakan oleh pemerintah sebagai masukan dalam menentukan keputusan mitigasi bencana di wilayah Indonesia maupun dampak yang mungkin terjadi bagi Negara tetangga seperti Singapur dan Malaysia.

Item Type: Other
Additional Information: Bunga Rampai Pemanfaatan Data Penginderaan Jauh Untuk Pemantauan, Deteksi dan Kajian Lingkungan. ISBN. 978-602-14437-3-6
Uncontrolled Keywords: Kebakaran hutan/lahan, hotspot, penginderaan jauh
Subjects: Teknologi Penginderaan Jauh > Perolehan Data > Citra Satelit
Divisions: Deputi Penginderaan Jauh > Pusat Pemanfaatan Penginderaan jauh
Depositing User: Dinar Indrasasi
Date Deposited: 10 Mar 2021 14:36
Last Modified: 12 Mar 2021 14:09
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/397

Actions (login required)

View Item View Item