Deteksi Daerah Bekas Kebakaran Hutan/Lahan (Burned Area) Menggunakan Citra Penginderaan Jauh ( Suatu Tinjauan)

Suwarsono (2014) Deteksi Daerah Bekas Kebakaran Hutan/Lahan (Burned Area) Menggunakan Citra Penginderaan Jauh ( Suatu Tinjauan). Crespent Press, Bogor.

[img]
Preview
Text
Bunga Rampai_Suwarsono_Hlm.43-50_2014.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kebakaran hutan/lahan merupakan sebuah fenomena alam yang berpotensi menimbulkan bencana di beberapa wilayah Indonesia, terutama sekali di wilayah Sumatera dan Kalimantan. Menjadi tantangan bagi iptek penginderaan jauh untuk memberikan kontribusi dalam penanggulangan bencana ini. Tulisan ini memfokuskan did pada kajian pemanfaatan penginderaan jauh untuk mendeteksi daerah-daerah bekas kebakaran hutan/lahan (burned area). Tulisan ini mengambil dan berbagai sumber hasil-hasil riset penginderaan jauh terkait dengan pendeteksian burned area yang pernah dilakukan sebelumnya. Hasil kajian menyimpulkan bahwa citra penginderaan jauh dapat dimanfaatkan untuk mendeteksi daerah-daerah bekas kebakaran hutan/lahan. Metode pendeteksian burned area yang dapat dipergunakan adalah deteksi perubahan nilai piksel (change detection), yang meliputi perubahan nilai indeks vegetasi, perubahan nilai indeks kebakaran dan perubahan nilai pantulan. Indeks vegetasi dan indeks kebakaran yang telah dipergunakan secara meluas berturut-turut adalah NBR dan NDVI. Dalam hal ini, untuk mendeteksi burned area, dilakukan analisis deteksi perubahan dengan menggunakan citra beberapa tanggal (multitemporal) pada periode sebelum terbakar (pre-fire) dan setelah terbakar (post-fire) berdasarkan nilai-nilai indeks vegetasi, indeks kebakaran, dan nilai pantulan.

Item Type: Other
Additional Information: Bunga Rampai Pemanfaatan Data Penginderaan Jauh Untuk Pemantauan, Deteksi dan Kajian Lingkungan. ISBN. 978-602-14437-3-6
Uncontrolled Keywords: Kebakaran hutan/lahan, burned area, citra penginderaan jauh
Subjects: Teknologi Penginderaan Jauh > Pemanfaatan Data dan Diseminasi Informasi
Divisions: Deputi Penginderaan Jauh > Pusat Pemanfaatan Penginderaan jauh
Depositing User: Dinar Indrasasi
Date Deposited: 12 Mar 2021 10:26
Last Modified: 12 Mar 2021 15:01
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/410

Actions (login required)

View Item View Item