Zonasi Daerah Rawan Kebakaran Hutan/ Lahan

Suwarsono and Indah Prasasti and Yenni Vetrita (2014) Zonasi Daerah Rawan Kebakaran Hutan/ Lahan. Crespent Press, Bogor.

[img]
Preview
Text
Bunga Rampai_Suwarsono dkk_Hlm.51-59_2014.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Zonasi daerah rawan kebakaran hutan/lahan merupakan suatu upaya mewilayahkan daerah-daerah di permukaan bumi berdasarkan tingkat kerawanannya terhadap ancaman kebakaran hutan/lahan. Tulisan ini bertujuan untuk melakukqck zonasi daerah rawan kebakaran hutan/ lahan berbasis data penginderaan jauh dan sistem informasi geografis dengan menggunakan pendekatan historis. Lokasi yang dipilih adalah dua provinsi di Sumatera yang rawan kebakaran hutan/lahan, yaitu Riau dan Sumatera Selatan. Zonasi daerah rawan kebakaran hutan/lahan dilakukan dengan menganalisis data hotspot dari citra MODIS yang telah tersedia dari tahun 2000 hingga tahun 2009. Tingkat kerawanan dihitung berdasarkan kepadatan hotspot untuk satuan luas tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa informasi tingkat kerawanan suatu daerah terhadap bahaya kebakaran hutan/lahan dapat diperoleh dari analisis data historis sebaran titik-titik hotspot dalam kurun waktu yang relatif lama. Secara spasial, pola sebaran daerah rawan kebakaran di Provinsi Riau dan Sumatera Selatan cenderung mengelompok (cluster). Pola ini mengindikasikan bahwa ada faktor dominan yang mempengaruhi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di kedua provinsi tersebut. Secara temporal di Provinsi Riau, periode Januari — Maret dan Mei — September merupakan periode rawan kebakaran sedangkan di Provinsi Sumatera Selatan periode rawan kebakaran adalah bulan Agustus hingga Oktober.

Item Type: Other
Additional Information: Bunga Rampai Pemanfaatan Data Penginderaan Jauh Untuk Pemantauan, Deteksi dan Kajian Lingkungan. ISBN. 978-602-14437-3-6
Uncontrolled Keywords: Zonasi, rawan kebakaran, hutan/lahan
Subjects: Teknologi Penginderaan Jauh > Pemanfaatan Data dan Diseminasi Informasi
Divisions: Deputi Penginderaan Jauh > Pusat Pemanfaatan Penginderaan jauh
Depositing User: Dinar Indrasasi
Date Deposited: 12 Mar 2021 10:53
Last Modified: 07 Sep 2021 03:52
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/411

Actions (login required)

View Item View Item