Penggunaan Teknik Pengkodean Low Density Parity Check pada Data Satelit Penginderaan Jauh

Ali Syahputra Nasution and Budhi Gustiandi and Ayom Widipaminto (2011) Penggunaan Teknik Pengkodean Low Density Parity Check pada Data Satelit Penginderaan Jauh. Prosiding SIPTEKGAN XV-2011 Seminar Nasional IPTEK Dirgantara XV Tahun 2011. pp. 478-489.

[img]
Preview
Text
Prosiding_Ali Syahputra_Pustekdata_2011.pdf

Download (361kB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan kajian penggunaan teknik pengkodean Low Density Parity Check (LDPC) pada data satelit penginderaan jauh. Teknik pengkodean LDPC merupakan salah satu kelas dari teknik pengkodean linear block dengan karakteristik matriks parity checknya yang bersifat sparse yang hanya berisi sedikit bit ‘1’ jika dibandingkan dengan jumlah bit ‘0’. Teknik pengkodean LDPC akan diterapkan pertama kalinya pada satelit penginderaan jauh sumber daya alam Landsat Data Continuity Mission (LDCM) yang direncanakan akan diluncurkan pada tahun 2012. Terdapat beberapa algoritma dalam dekoding LDPC yaitu dekoding One-Step Majority-Logic (ML), dekoding Bit- Flipping (BF), dekoding Weighted Majority-Logic, dekoding Weighted Bit-flipping, dan dekoding Sum-Product Algorithm (SPA). Makalah ini membahas mengenai cara kerja dan perbandingan kinerja dari masing-masing algoritma dekoding LDPC. Dari hasil kajian, diketahui bahwa algortima dekoding Majority-logic memiliki kinerja perbaikan error yang cukup baik namun kompleksitas dekodingnya sangat sederhana bila dibandingkan dengan beberapa algoritma dekoding lainnya. Sedangkan algoritma dekoding Sum-product Algorithm (SPA) memiliki kinerja perbaikan error yang paling baik namun kompleksitas dekodingnya sangat tinggi bila dibandingkan dengan beberapa algoritma dekoding lainnya. Diharapkan hasil kajian dapat berguna dalam mengekstraksi rawdata satelit LDCM.

Item Type: Article
Additional Information: ISBN 978-979-1458-51-1
Uncontrolled Keywords: LDPC, One-Step Majority-Logic, Bit- Flipping , Weighted Majority-Logic, Weighted Bit-flipping, Sum-Product Algorithm.
Subjects: Teknologi Penginderaan Jauh > Pengelolaan dan Pengembangan > Citra Satelit
Divisions: Deputi Penginderaan Jauh > Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh
Depositing User: Een Rohaeni
Date Deposited: 15 Mar 2021 04:43
Last Modified: 07 Sep 2021 01:30
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/424

Actions (login required)

View Item View Item