Validasi Model Pemetaan Lahan Sawah Menggunakan Teknik Segmentasi dan Klasifikasi Citra Landsat Ortho (Studi Kasus Lampung)

I Made Parsa and Dipo Yudhatama and Sri Harini (2014) Validasi Model Pemetaan Lahan Sawah Menggunakan Teknik Segmentasi dan Klasifikasi Citra Landsat Ortho (Studi Kasus Lampung). Crespent Press, Bogor.

[img]
Preview
Text
Bunga Rampai_I Made Parsa dkk_Hlm.17-26_2014.pdf

Download (972kB) | Preview

Abstract

Ketelitian pemetaan yang berbasis citra satelit tergantung dua faktor, pertama ketelitian/kualitas geometri citra dan kedua ketelitian kiasifikasi citra. Kedua faktor tersebut tidak dapat chlepaskan satu dengan lainnya, ketelitian geometri tanpa disertai ketelitian klasifikasi ataupun sebaliknya akan menyebabkan ketelitian pemetaan yang kurarsilbaik/ rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kualitas citra Landsat ortho dan validasi model pemetaan lahan sawah dengan teknik segmentasi clan klasifikasi citra Landsat multiwaktu, dengan studi kasus provinsi Lampung. Data yang digunakan dalam segmentasi adalah data Landsat ortho tahun 2009 sedangkan klasifikasi dilakukan terhadap data kan teknik digital dan teknik visual, Landsat ortho multiwaktu tahun 2000-2009. Model pemetaan ini menggabung dirnana segmentasi dilakukan secara digital sedangkan klasifikasi rnenggunakan teknik visual. Validasi lapangan terhadap kualitas geometri citra Landsat dilakukan dengan pengukuran 60 titik koordinat sedangkan validasi hasil pemetaan lahan sawah dilakukan dengan pengamatan dan pencatatan di 56 titik pengamatan yang tersebar di sentra lahan sawah di provinsi Lampung. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas citra Landsat ortho cukup baik dengan pergeseran 9-11 meter sedangkan akurasi pemetaan rneocapai 90,6%.

Item Type: Other
Additional Information: Bunga Rampai: Pemanfaatan Citra Penginderaan Jauh untuk Sumber Daya Wilayah Darat
Uncontrolled Keywords: Validasi, segmentasi, citra Landsat ortho, multiwaktu
Subjects: Teknologi Penginderaan Jauh > Perolehan Data > Citra Satelit
Divisions: Deputi Penginderaan Jauh > Pusat Pemanfaatan Penginderaan jauh
Depositing User: Dinar Indrasasi
Date Deposited: 15 Mar 2021 12:17
Last Modified: 16 Mar 2021 04:23
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/428

Actions (login required)

View Item View Item