Aplikasi Data Penginderaan Jauh untuk Inventarisasi Hutan Mangrove di Kabupaten Bengkalis Propinsi Riau

Heru Noviar (2014) Aplikasi Data Penginderaan Jauh untuk Inventarisasi Hutan Mangrove di Kabupaten Bengkalis Propinsi Riau. Crespent Press, Bogor.

[img]
Preview
Text
Bunga Rampai_Heru Noviar_Hlm.85-94_2014.pdf

Download (900kB) | Preview

Abstract

Kerusakan hutan mangrove (bakau) di Kabupaten Bengkalis akhir-akhir ini makin parah saja, disebabkan tingginya eksploitasi hutan mangrove tersebut untuk bahan baku industri panglung. Hutan Mangrove perlu diinventarisasi Pada Kabupaten ini karena keberadaannya sangat penting demi kelangsungan dan kelestarian sumber daya hayati dan non hayati. Data penginderaan jauh dapat digunakan untuk mendeteksi luas dan kerapatan vegetasi mangrove serta hutan pantai. Berdasarkan hal tersebut, dilakukan inventarisasi hutan Mangrove dari segi lokasi, luasan dan kerapatannya menggunakan data penginderaan jauh Landsat dengan pertimbangan resolusi spasial dan spektral yang cukup baik untuk identifikasi dan monitoring sumber daya alam. Metode yang digunakan adalah interpretasi data Landsat secara visual dengan menggunakan komposit kanal RGB 453 dan secara digital menggunakan kanal 3 dan 4 untuk pengolahan NDVI. Hasil pengolahan data Landsat menunjukkan bahwa luas total hutan Mangrove di Kabupaten Bengkalis pada tahun 2010 adalah 44.173,8 Ha, dengan kecamatan yang paling luas hutan Mangrovenya adalah Kecamatan Rupat dengan luas 17.347,1 Ha atau 39,3 % dari luas total hutan Mangrove di Kabupaten Bengkalis. Kerapatan tajuk hutan Mangrove dalam kategori sangat jarang dan jarang terbanyak ada di Kecamatan Rupat tersebut sebesar 404.6 Ha atau 2.3 % dari luas total Mangrove di kecamatan tersebut.

Item Type: Other
Additional Information: Bunga Rampai: Pemanfaatan Citra Penginderaan Jauh untuk Sumber Daya Wilayah Darat
Uncontrolled Keywords: Bengkalis, hutan mangrove, Landsat
Subjects: Teknologi Penginderaan Jauh > Penelitian, Pengkajian, dan Pengembangan > Teknologi dan Data Penginderaan Jauh > Perolehan Data > Satelit
Divisions: Deputi Penginderaan Jauh > Pusat Pemanfaatan Penginderaan jauh
Depositing User: Dinar Indrasasi
Date Deposited: 16 Mar 2021 06:28
Last Modified: 07 Sep 2021 03:34
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/445

Actions (login required)

View Item View Item