Analisis Perbandingan Hasil Akuisisi Landsat 8 pada Daerah Irisan antara Stasiun Bumi Parepare dan Stasiun Bumi Rumpin pada Tahun 2014

B Pratiknyo Adi Mahatmanto and Ali Syahputra Nasution and Dinari Niken Sulastrie Sirin and Nurmajid Setyasaputra (2015) Analisis Perbandingan Hasil Akuisisi Landsat 8 pada Daerah Irisan antara Stasiun Bumi Parepare dan Stasiun Bumi Rumpin pada Tahun 2014. Prosiding Pertemuan Ilmiah Tahunan XX dan Kongres VI Masyarakat Ahli Penginderaan Jauh Indonesia (MAPIN). pp. 117-126.

[img]
Preview
Text
Prosiding_B. Pratiknyo Adi Mahatmanto dkk_Pustekdata_2015.pdf

Download (949kB) | Preview

Abstract

Satelit Landsat 8 atau Landsat Data Continuity Mission (LDCM) yang telah beroperasional sejak Februari 2013 telah diterima oleh Stasiun Bumi LAPAN Parepare dan Rumpin. Stasiun Bumi Parepare dan Rumpin beroperasional secara bersama-sama untuk melakukan penerimaan data Landsat 8 untuk seluruh wilayah Indonesia. Guna melakukan operasional akuisisi dibutuhkan data Confirmed-Contact Schedule (CCS) dan Scene Transmit Schedule (STS), dimana data tersebut berisi informasi mengenai daerah yang akan diakuisisi untuk waktu tertentu. Cakupan daerah akuisisi Stasiun Bumi Parepare dan Stasiun Bumi Rumpin memiliki beberapa scene daerah akuisisi yang sama. Makalah ini bertujuan untuk mengetahui jumlah scene pada daerah irisan antara Stasiun Bumi Parepare dan Stasiun Bumi Rumpin yang merupakan suatu daerah yang wilayahnya diliputi oleh cakupan kedua buah Stasiun Bumi. Menganalisa daerah irisan akuisisi Landsat 8 antara Stasiun Bumi Rumpin dan Stasiun Bumi Parepare, membandingkan prosentase keberhasilan hasil akuisisi yang didapatkan antara Stasiun Bumi Rumpin dan Stasiun Bumi Parepare pada daerah irisan akuisisi Landsat 8. Diharapkan makalah ini dapat memberikan informasi hasil akuisisi di daerah irisan agar diperoleh hasil yang lebih baik.

Item Type: Article
Additional Information: ISBN 978-602-97569-1-3
Uncontrolled Keywords: Landsat 8, Daerah Irisan, Stasiun Bumi Parepare, Stasiun Bumi Rumpin
Subjects: Teknologi Penginderaan Jauh > Pengelolaan dan Pengembangan > Pengoperasian Stasiun Bumi
Divisions: Deputi Penginderaan Jauh > Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh
Depositing User: Dinar Indrasasi
Date Deposited: 24 Mar 2021 12:20
Last Modified: 27 Sep 2021 02:44
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/499

Actions (login required)

View Item View Item