Identifikasi Parameter Pertumbuhan Tanaman Padi Menggunakan Data EVI Modis Multitemporal (Studi Kasus di Sulawesi Selatan)

Dede Dirgahayu (2015) Identifikasi Parameter Pertumbuhan Tanaman Padi Menggunakan Data EVI Modis Multitemporal (Studi Kasus di Sulawesi Selatan). Prosiding Pertemuan Ilmiah Tahunan XX dan Kongres VI Masyarakat Ahli Penginderaan Jauh Indonesia (MAPIN) : Perkembangan Penginderaan Jauh di Indonesia dan Pemanfaatannya untuk Perencanaan Wilayah, Pengelolaan DAS, dan Mitigasi Bencana Alam. pp. 179-190.

[img]
Preview
Text
Prosiding_Dede Dirgahayu_Pusfatja_2015.pdf

Download (993kB) | Preview

Abstract

Tanaman padi merupakan penghasil pangan pokok (beras) yang masih dikonsumsi oleh sebagian besar rakyat Indonesia. Pemantauan kondisi tanaman padi selama pertumbuhannya perlu dilakukan untuk mengantisipasi kegagalan panen akibat kekeringan atau banjir. Penelitian dilakukan dengan tujuan mengidentifikasi parameter biologi (pertumbuhan) tanaman padi di Sulawesi Selatan, sehingga dapat membedakan tanaman padi dan bukan di lahan sawah. Parameter tersebut antara lain EVI maksimum, Range EVI Maksimum-awal tanam, dan EVI awal tanam. Penelitian dilakukan di lahan sawah di beberapa Kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, antara lain : Maros, Pinrang, dan Sidrap. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan mendeteksi nilai EVI maksimum yang dapat dicapai tanaman padi dan kapan terjadinya selama pertumbuhannya. Nilai EVI maksimum tersebut dapat diketahui berdasarkan analisis spasial data EVI Modis Multitemporal selama 3 tahun (2010-2012). Kapan terjadinya EVI Maksimum yang diasumsikan saat padi berumur 60-64 hari setelah tanam (HST) dijadikan sebagai acuan untuk menghitung kapan awal tanam padi dan rata-rata nilai EVI saat tanam. Hasil analisis menunjukkan bahwa tanaman padi di lokasi penelitian memiliki nilai EVI Maksimum berkisar antara 0.408 – 0.888 dan Range EVI Maksimum-Tanam berkisar antara 0.304 – 0.696 dengan EVI saat tanam <= 0.15. Ketiga kriteria tersebut selanjutnya dijadikan sebagai nilai ambang (treshold) untuk membedakan tanaman padi dan bukan padi di lahan sawah. Hasil penelitian dapat dimanfaatkan untuk membuat model pertumbuhan padi dan memantau fase pertumbuhan tanaman padi di Sulawesi Selatan

Item Type: Article
Additional Information: ISBN 978-602-97569-1-3
Uncontrolled Keywords: Parameter pertumbuhan, EVI Maksimum, Range EVI Maksimum-tanam
Subjects: Teknologi Penginderaan Jauh > Pemanfaatan Data dan Diseminasi Informasi
Divisions: Deputi Penginderaan Jauh > Pusat Pemanfaatan Penginderaan jauh
Depositing User: Dinar Indrasasi
Date Deposited: 24 Mar 2021 12:41
Last Modified: 19 Sep 2021 23:01
URI: http://repositori.lapan.go.id/id/eprint/501

Actions (login required)

View Item View Item